INOVASI ALAT PERANIAN SEDERHANA: PELUBANG PLASTIK MULSA UNTUK KEMUDAHAN PETANI DALAM PROSES PRODUKSI CABAI

Rahmat Azis Nabawi, Syahril Syahril, Irzal Irzal, Ahmad Sabirin, Joko Suprianto, Salmat Salmat

Abstract


Kegiatan pelubangan plastik mulsa menggunakan kaleng yang dipanas oleh bara api dan disentuhkan pada mulsa dengan sikap berdiri terus membungkuk untuk melubangi mulsa dapat  menimbulkan rasa cepat lelah, nyeri pada otot skeletal, dan produktifitas rendah. Oleh karena itu diperlukannya alat yang dapat memudahkan petani untuk melubangi plastik mulsa. Artikel ini membahas tentang alat pelubang mulsa. Alat pelubang mulsa dirancang dengan sistem kerja dorong, sehingga memudahkan petani dalam mengoperasikannya dan proses pelubangan plastik mulsa dapat dengan cepat. Tinggi dari alat pelubang mulsa ini dapat disesuaikan dengan tinggi badan petani karena tangkai dirancang dengan sistem sliding, sehingga dapat memanjang dan memendek sesuai tinggi badan petani. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, alat ini efektif dalam membantu petani pada proses pelubangan mulsa untuk media tanam cabai

Keywords


Pertanian, Teknologi Tepat Guna, Pelubang Mulsa, Cabai

References


Kementerian Pertanian. Budidaya Tanaman Sayur. Jambi: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi. 2010.

Rukmana R. Budidaya cabe Hibrida sistem Mulsa Plastik. Yograkarta: Karnisiun. 2002.

Safri. Pengontrolan mesin pelubang plastik mulsa menggunakan mikrokontroller arduino uno. Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro Politeknik Teknik Padang. 2016.

Salokhe, V. M. and N. Ramalingam. Agricultural Mechanization in South and South-East Asia. Paper at the Plenary session of the International Conference of the Philippines. Society of Agricultural Engineers. Las Banos, Philippines. 1998.

Yondri, S., Nabawi, R. A., Sunitra, E., Islami, S., Nusyiswan dan Asrul, J. The Machine Punch Mulch: A Pneumatic Pierching and Control with Fuzzy Logic Control. International Conference of Applied Science on Engineering, Business, Linguistics, and Information Technology (ICo-ASCNITech). Politeknik Negeri Padang and Politeknik Ibrahim Sultan, 13-15 October 2017. Padang, Indonesia. 2017.

Yusuf, M. Desain Alat Pelubang Plastik Mulsa dan Sistem kerja dengan Intervensi Egonomi Meningkatkan Produktivitas Kerja Petani di Bedugul Bali. Disertasi. Denpasar: Universitas Udayana. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v19i1.154

Article Metrics

Abstract view : 1100 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1583 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rahmat Azis Nabawi, Syahril Syahril, Irzal Irzal, Ahmad Sabirin, Joko Suprianto, Salmat Salmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367