PENERAPAN FITOREMEDIASI MENGGUNAKAN RUMPUT TEKI DALAM PENURUNAN BOD PADA LIMBAH CAIR INDUSTRI MINYAK SAWIT

Vina Lestari Riyandini, Hendri Sawir, Andi Irawan, Sri Yanti Lisha

Abstract


Fitoremediasi merupakan salah satu teknologi dalam pemulihan pencemaran lingkungan. Teknologi ini memanfaatkan media tanaman sebagai penyerap zat pencemar. Tanaman Cyperus Rotundus Linn merupakan salah satu tanaman yang berpotensi dalam menyerap zat pencemar. Penerapan fitoremediasi menggunakan Cyperus Rotundus Linn pada limbah cair kelapa sawit diharapkan dapat menurunkan zat pencemar organik melalui parameter BOD. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas penerapan fitoremediasi menggunakan tanaman Cyperus Rotundus Linn dalam menurunkan kadar Biological Oxygen Demand (BOD) pada limbah cair industri minyak sawit. Penelitian ini menggunakan sistem batch dan variasi jumlah tanaman yang digunakan ialah 5, 10 dan 15 batang tanaman serta variasi waktu kontak terhadap limbah dengan tanaman 5 hari, 10 hari dan 15 hari. Pengujian awal limbah didapatkan nilai BOD sebesar 4.236 mg/L dengan pengenceran optimum yang sudah didapatkan 40%. setelah dilakukan uji fitoremediasi terjadi penurunan terbaik pada nilai BOD hingga 98 mg/L dan efisiensi terbesar didapat 97,66%. Nilai tersebut memenuhi nilai baku mutu kadar BOD menurut PermenLH no 5 tahun 2014 maksimal 100 mg/L.  Penurunan kadar BOD optimum tersebut terdapat pada variasi jumlah tanaman 15 dan pada hari ke 15. Hal ini membuktikan bahwa penerapan fitoremediasi menggunakan tanaman Cyperus Rotundus Linn efektif dalam menurunkan kadar limbah cair industri minyak sawit khususnya BOD.


Keywords


Rumput teki, Fitoremediasi, Sistim Batch, Limbah Cair PKS

References


Aka, H. A. 2017. Penurunan Kadar Amonia dalam Limbah Cair Kelapa sawit Oleh Tanaman Air Typha Latifolia (Tanaman Obor). Jurnal Ilmu Kebencanaan, Vol 4 No 3.

Dewi, E. R. S., Normala, F. A., & Ulfah, M. 2021. Respon Typha latifolia terhadap penurunan kadar BOD dan COD pada fitoremediasi limbah cair tahu. SEMINAR NASIONAL VI Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 252–255.

Elystia, dkk. 2014. Pengembangan Fitoremediasi untuk Meningkatkan Kualitas Air Limbah Hasil Pengolahan Instalasi Pengolahan Air Limbah Sawit , Volume 8 Nomor 1, 56-61.

Irvan, dkk. 2012. Bioteknologi Lingkungan. Bandung: Penerbit Alfabeta. Febrion, C. d. Kinetika Penyisihan Senyawa Organik dalam Pengolahan Limbah cair industri minyak sawit menggunakan Bioreaktor Trickling Filter. ENVIROSAN, Vol. 1 Nomor. 2.

Nursanti, I. 2013. Karakteristik Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit pada Proses Pengolahan Anaerobik dan Aerob. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.13 No.4

Roliya,S. 2021. Penurunan Kadar Pencemar Limbah Binatu dengan Metode Contructed Wetland Menggunakan Tanaman Rumput Teki (Cyperus rotundus). Tugas Akhir. Teknik Lingkungan Universitas Ar-Raniry. Aceh




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v23i2.694

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vina Lestari Riyandini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367