PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN CANGKANG KULIT LOKAN TERHADAP KENAIKAN PH PADA AIR RAWA

Nelsy Mariza Syahyuda

Abstract


Air rawa merupakan salah satu sumber daya air yang dapat di olah menjadi air bersih. Pengolahan air yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengolahan koagulasi. Proses koagulasi merupakan proses penggumpaan partikel koloid karena penambahan bahan kimia sehingga partikel-partikel tersebut bersifat netral dan membentuk endapan karena adanya gaya grafitasi. Bio-koagulan yang digunakan pada penelitian ini adalah cangkang kulit lokan. Parameter yang di analisis pada penelitan ini yaitu dilihat dari pH awal air rawa kemudian pH akhir air rawa yang sudah di campurkan dengan serbuk cangkang kulit lokan. Variasi pada penelitian ini yaitu 90 dan 100 mg serbuk cangkang kulit lokan yang di campurkan ke dalam 1500 ml air rawa. pH awal air rawa adalah 5,4. Setelah dicampurkan dengan penambahan variasi cangkang kulit lokan hasil memperlihatkan peningkatan pH pada sampel air rawa yaitu pada variasi V2A dengan peningkatan pH sebesar 6,3. Peningkatan tersebut didapatkan bahwa serbuk cangkang kulit lokan dapat mempengaruhi dalam meningkatkan pH air rawa dalam pengolahan air rawa menjadi air bersih


Keywords


air rawa, cangkang kulit lokan, bio-koagulan

References


Asdak C, 2007. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Gadjah Mada University Press. Bauwer. H, 1978. Groudwater Hydrology, New Rork: Mc Grow-Hill Book Company.

Benefield, L. 1982. Process Chemistry for Water and Wastewater Treatment. New Jersey: Pratice Hall Inc.

Eri Iva. R dan Hadi Wahyo. 2009. Kajian Pengolahan Air Rawa Menjadi Air Bersih dengan Kombinasi Proses Upflow Anaerobic Filter dan Slow Sand Filter. Surabaya: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITS.

Kordik dan Tancung, 2005. Pengelolaan Kualitas Air Dalam Budidaya Perairan, PT. Rineka Cipta Jakarta.

Surest, A. H, Wardani, A.R, Fransiska, R. 2012. “Pemanfaatan Limbah Kulit Kerang untuk Menaikkan pH pada Proses Pengelolaan Air Rawa menjadi Air Bersih. J. Teknik Kimia, Vol 18 No. 3.

Tiandho, Y. 2019. Quality Improvement of Water From Post Tin Minig Based on A Wasted Cockle Shell. IOP Coference Series: Materials Scince and Engineering. 496(1), p. 012058.

Yoseph. K. 2010. Kajian Potensi Air Rawa dan Kearifan Lokal Sebagai Dasar Pengolahan Air Rawa Yomoth Sebagai Sumber Air Bersih Distrik Agats Kabupaten Asmat Provinsi Papua. Majalah Geografi Indonesia, Vol 24, No 2, (157 - 173).




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v23i2.688

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 nelsy mariza syahyuda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367