PERUMUSAN BLUE OCEAN STRATEGY SEBAGAI STRATEGI BERSAING PADA GREENHOUSE AIRIN FLOWER

Mar'atun Nafisah, M Imron Mas'ud

Abstract


Greenhouse Airin Flower merupakan suatu usaha pembudidayaan bunga potong yang berfokus pada pembudidayaan krisan yang akan di jual belikan pada vendor dekorasi dan toko bunga.  Karena tingginya tingkat persaingan akibat semakin banyaknya bermunculan usaha sejenis, Greenhouse Airin Flowerharus menciptakan desain strategis yang memberikan nilai lebih kepada pelanggan dengan biaya minimal.Oleh karena itu, penelitian ini diperlukan untuk menentukan strategi mana yang sebaiknya diterapkan.Dalam penelitian ini, Blue Ocean Strategydigunakan sebagai metode perancangan strategi yang berfokus pada penciptaan ruang pasar baru melalui proses dengan alat analisis peta strategis dan kerangka kerja yang terdiri dari empat langkah.Peta strategi digunakan untuk menentukan posisi perusahaan relatif terhadap pesaingnya di pasar.Pada saat yang sama, kerangka empat langkah berfungsi untuk mengkontruksi ulang atribut nilai pembeli dengan menciptakan kurva nilai baru.Dari hasil diskusi yang dilakukan maka strategi yang perlu dilakukan Airin Flower adalah strategi inovasi produk bunga dalam pot, penambahan utilitas dengan delivery order dan pembuatan kartu member yang belum pernah ditawarkan sebelumnya.Selain itu juga perlu dikurangi atribut nilai pembeli yang merupakan bidang persaingan yaitu harga produk, sedangkan atribut yang perlu ditingkatkan adalah kualitas produk, inovasi produk, kualitas produk, inovasi produk, dan kualitas produk.kenyamanan tempatnya, dan juga kemasannya.Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu para pengusaha Bunga Airin untuk bertahan dan menang dalam persaingan yang semakin ketat.

References


Ikhwan, R. (2018). Analisis Perancangan Strategi Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Untuk Meningkatkan Penjualan Dalam Persaingan Bisnis (Studi Kasus di Kedai Kopi Nongkring). 94. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/6321/Rizky ikhwan 10522190.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Mazhaly, N., D, D. U., & Moengin, P. (2014). Penerapan Blue Ocean Strategy Di Pt . X Dalam Menghadapi Persaingan Penjualan Automatic Tank. 2005, 241–254.

Kim, W Chan dan Renée Mauborgne. (2005). Blue Ocean Strategy (Strategi Samudera Biru) Ciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetisi Tidak Lagi Relevan. PT. Serambi Ilmu Semesta. Jakarta Vol. 11 No. 1 Juni 2019 ISSN : 2088-3145 Jurnal Manajemen Tools 233

Kim, Chan W. &Mauborgne, Renee. (2005). ValueInnovation : A Leap Into The Blue Ocean.Retrieved December 1, 2016

Majid, Abdul. 2008. pengertian, konsep, defenisi pemasaran dan mana jemen pemaasaran

Abdul, Majid.,2008, Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi

Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Chandler, Michael. 2003. Dreamweaving Rahasia Menaklukkan Pesaing dalam Bisnis. PT. Bhuana Ilmu Populer. Jakarta.

Cameron, Kim S., Robert E. Quinn. (1999). Diagnosing and Changing Organizational Culture: Based on the Competing Values Framework. Reading, Massachusetts: Addison Wesley

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Salemba Empat. Jakarta. Terjemahan; Jaka Wasana

Marrus. 2002. Building The Strategic Plan: Find Analyze, And Present The Right Information. USA.

Wiley. Porter ME. 1991. Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Maulana A, penerjemah; Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama. Terjemahan dari: Competitive Strategy.

Wheelen, L. & David Hunger, L. 2006. Strategic management and business police. New York: Thirteenth edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v23i2.631

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mar'atun Nafisah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367