SISTEM ANTRIAN BANK NAGARI CABANG KOTO BARU MENGGUNAKAN MODEL ANTRIAN MULTI CHANNEL-SINGLE PHASE

Haris Agusty Arvan, Riko Ervil, Tri Ernita, Aziati Ridha Khairi

Abstract


Sistem antrian adalah suatu himpunan pelanggan, pelayanan serta suatu aturan yang mengatur kedatangan  pelanggan dan pemrosesan masalah pelayanan  antrian. Model Multiple Channel Single Phase yaitu  sebuah sistem  pelayanan  yang  melayani  dengan  satu  jalur antrian dan beberapa pelayanan. Model Multiple  Channel  Single  Phase digunakan saat antrian teller pada sebuah bank. Bank merupakan suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa, seperti memberikan pinjaman, mengedarkan mata uang, pengawasan terhadap mata uang, bertindak sebagai tempat penyimpanan benda-benda berharga, membiayai usaha perusahaan-perusahaan. Kebutuhan masyarakat akan jasa perbankan semakin meningkat. Selain dari berbagai fasilitas yang disediakan oleh bank, pelayanan merupakan hal yang sangat  penting untuk diperhatikan. Apabila pelayanan yang diberikan oleh perbankan tidak maksimal maka akan menimbulkan permasalahan. Salah satu masalah yang timbul karena pelayanan tidak maksimal adalah terjadinya antrian panjang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jumlah nasabah yang mengantri dalam antrian jam sibuk dan mengetahui rata-rata waktu nasabah dalam antrian pada jam sibuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung pada kinerja sistem antrian nasabah di Bank Nagari Koto Baru. Hasil penelitian ditemukan bahwa jumlah nasabah mengantri pada 1 orang teller adalah 7,26 orang nasabah. Rata-rata waktu tunggu nasabah sebelum mendapatkan pelayanan selama 31,99 menit. Dibutuhkan penambahan fasilitas untuk meningkatkan pelayanan sehingga dapat mengurangi waktu tunggu nasabah.

Keywords


Pelayanan, Teori antrian, Perbankan

References


Agusyana et al. 2011. Olah data Skripsi dan Penelitian dengan SPSS 19. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Ahyani, A. 2003. Manajemen Produksi &Perencanaan Sistem Produksi Buku I. BPFE. Yogyakarta.

Aulele, S.N. 2014. Analisis Sistem Antrian Pada Bank Nagari. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. Universitas Pattimura, Volume 8 , Nomor 1, Halaman 45 – 49.

Bernard T.W. 2005. Introduction to Management Science. Salemba Empat, Jakarta

Ernawati S. dan Suryowati, K. 2017 Analisis Sistem Antrian Pada Pelayanan Teller di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kota Tegal. Jurnal Statistika Industri dan Komputasi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Gross, dan Haris, 2008. The Queueing Systems, McGraw-Hill, Inc, New York. Hadianti, R. Kapita Selekta Terapan I (Teori Antrian). ITB, Bandung

Hadianti, R. 2007. Kapita Selekta Terapan I (Teori Antrian). ITB, Bandung

Indriyani. 2010. Pengoptimalan Pelayanan Nasabah Dengan Menggunakan Penerapan Teori Antrian pada PT. BNI (PERSERO) TBK. Universitas Islam Jakarta, Jakarta.

Irmayani Hasan. 2011. Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian (Queuing System). Jurnal Keuangan dan Perbankan, (Online),

Kakiay, T. J. 2004. Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata, Yogyakarta

Krajewski, L.J., Larry, P.R., dan Manoj, K.M. 2010. Operation Management Processes and supply chain (Ninth Edition). New Jersey, Pearson Education, United States of America

Krismiaji. 2005.Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Kedua, Akademi Manajemen. Perusahaan YKPN, Yogyakarta

Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta

Nurrohman, B. 2017. Optimalisasi Pelayanan E-KTP guna Meningkatkan Validitas data Kependudukan di Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang. Jurnal 10 No. 6. Banten STISIP Banten Raya Pandeglang.

Nuryanto, I. dan Farida, I. 2015. Optimalisasi Kinerja Operasional UMKM dengan Pendekatan Sistem Antrian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nurwantoro Semarang.

Ramadhan et al. 2017. Simulasi Sistem Antrian dengan Metode Multiple Channel Single Phase. Prosiding SeminarIlmu Komputer dan Teknologi Informasi. Vol.2 No.1., 117-124.

Siagian, P.1987. Penelitian Operasional. Teori dan Praktek. Universitas Indonesia Press, Jakarta

Siringoringo, H. 2005. Pemograman Linear: Seri Teknik Riset Operasi. Graha Ilmu, Yogyakarta

Soeratno, Lincolin Arsyad. 2008. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : UPP STIM YKPN

Sujarweni, W. 2014 Metodologi penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah dipahami. PT Pustaka Baru,Yogyakarta

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009

Sunarya, R., Marisi, A. dan Helmi. 2015. Analisis Penerapan Sistem Antrian Model M/M/S Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pontianak (Studi kasus BNI Sultan Abdurrahman).Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster)

Sumarauw, J.S. 2015. Analisis Faktor Pembelian Properti Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. Vol. 3. No. 4

Tarliah dimyati, tjuju dan dimyati, ahmad. Operations Research. PT. Sinar Baru Algensio, Bandung, 1994

Tulung, Joy, E 2017. "Resource Availability and Firm’s International Strategy as Key Determinants Of Entry Mode Choice." Jurnal Aplikasi Manajemen- Journal of Applied Management 15.1.

Tulung, Joy, E., and Ramdani, D. 2016. The Influence of Top Management Team Characteristics on BPD Performance. International Research Journal of Business Studies, Volume 8 Nomor 3, 155-166.

Tulung, Joy, E, and Dendi, R. 2018. Independence, Size and Performance of the Board: An Emerging Market Research. Corporate Ownership & Control, Volume 15, Issue 2, Winter.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v23i1.607

Article Metrics

Abstract view : 260 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riko Ervil, Tri Ernita, Aziati Ridha Khairi, Haris Agusty Arvan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367