E-COMMERCE PADA TOKO JINGGA SHOES BERBASIS WEBSITE DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL

Elmawati Elmawati, Eko Amri Jaya, Ezzy Mutia

Abstract


Perkembangan Sistem Informasi telah banyak sektor yang menerapkan teknologi salah satunya dalam bidang perdagangan. Toko Jingga Shoes adalah tempat penjualan sepatu pria. Toko Jingga Shoes sendiri ingin mengembangkan usahanya agar masyarakat luas dapat mengenal produk yang di jual. Saat ini sistem penjualan di Toko Jingga Shoes belum menggunakan suatu sistem yang terkomputerisasi, pengerjaan masih dengan menggunakan sistem penulisan tangan untuk merekap data-data produk yang dipesan dan proses penjualan masih menggunakan cara manual. Dengan masih menggunakan sistem yang manual tersebut, maka kesulitan dalam melakukan proses penjualan produk. Hal ini menyebabkan Toko Jingga Shoes menjadi tidak up date dalam penjualan produk. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancang sistem informasi e-commerce dan media promosi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemprograman PHP dan Database MySQL. Metode penelitian yang digunakan dalam sistem informasi e-commerce berbasis website ini adalah metode R&D (Research and Development). Perancangan sistem informasi website e-commerce memberikan informasi produk kepada customer secara lebih update dan efektif dan dapat dengan mudah membeli produk di Toko Jingga Shoes tanpa harus mendatangi toko secara langsung. Tujuan Penelitian atau Output dari sistem informasi e-commerce berbasis website adalah menghasilkan laporan transaksi penjualan perhari, perbulan dan pertahun secara jelas dan lebih efektif.

Keywords


E-commerce, PHP, MySQL

References


Adetria dan Syahril. Sistem Informasi Pengelolaan Uang Komite Menggunakan Borland Delpi 7 Pada SMAN 5 Kota Ternate. Jurnal Indonesian On Information System. Vol. 2, No.1 Pg: 27-34. 2017.

Ahyani, Yuni eka, dkk. Sistem Informasi Penjualan Aksesoris Vespa Berbasis Web Pada C.V. A.S. Hikmat Motor Bekasi. Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa. Vol. IV. No.2 Pg: 185-193. 2015.

Anhar. PHP dan MySQL Secara Otodidak. Jakarta: PT Trans Media. 2010.

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika. 2013.

A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung. 2015.

Elmawati dan Eko Amri Jaya. Sistem Informasi Akademik Siswa Berbasis SMS Gateway Pada Madrasah Aliyah Batang Kabung. Jurnal Sains dan Teknologi Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri.Vol. 20, No. 2 Pg:191-195. 2020.

Diki dan Sukisno. Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented Pada Distro Dlapak Street Wear. Jurnal Sistem Informasi. Vol. 4 Pg: 5-8. 2016.

Gusmawati, Irna. Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Menggunakan Framework Codeigneter Di CV Al-Fitrah Kota Padang, Jurnal vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. Vol.7 No.1 Pg: 128-133. 2019.

Hastanti, Rulia Puji, dkk. Sistem Penjualan Berbasis Web E-Commerce Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan. Jurnal Bianglala Informatika. Vol. 3 No.2 Pg: 1-9. 2015.

Jony Wong. Internet Marketing for Beginners. Jakarta, PT Elex Media Komputindo. 2010.

Listianto, Fergiawan, dkk. Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Industri Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model). Vol 8 No. 2 Pg: 146-152. 2017.

Nofyat, dkk. Sistem Informasi Pengaduaan Pelanggan Air berbasis Website Pada PDAM Kota Ternate. Jurnal Indonesian Journal on Information System. Vol.3, No.1 Pg: 10-19. 2018.

Pressman, Ph. D. Roger S. Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. Edisi 7. Yogyakarta, Andi offset. Halaman 45 –46. 2010.

Randi dan Kamarullah. Diagnosa Penyakit Aid, Mers, Virus dan Ebola Berbasis Web di Puskesmas Siko Ternate. Jurnal Indonesian Journal on Information System. Vol.3, No.1 Pg: 1-9. 2018.

Rumpoko, Anggraeni Sari. (2019). Perancangan Website Sistem Informasi Penjualan pada Anita Kurnia Boutique Malang. Jurnal Bianglala Informatika. Vol 7 No.1 Pg: 28-34. 2019.

Tamando, Hengki. Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan. Jurnal Of Informatic Pelita Nusantara. Vol.3, No.1 Pg: 6-9. 2018.

Ummah, Linda Durotul. Rancang Bangun E-Commerce Pada Toko Kerudung Nuri Collection Berbasis Customer Relationship Management. Jurnal Nuansa Informatika. Vol 12 No. 2 Pg: 10-17. 2018.

Veni Wedyawati, Elmawati, Khaerul Izmil Akhir. Perancangan Aplikasi Pengarsipan Surat Program Studi Sistem Informasi Pada Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang Menggunakan Vb Net 2010. Jurnal Sains dan Teknologi. Vol.18, No.1 Pg: 18-26. 2018.

Yeremia, dkk. Pengembangan Sistem Informasi Pendataan. Jurnal Dinamika.Vol. 2, No.2, Pg:1-66.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v23i1.605

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elmawati Elmawati, Eko Amri Jaya, Ezzy Mutia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367