UPAYA RECOVERY KADAR SN DAN MINERAL CASSITERITE PADA TAILING BIJIH TIMAH MENGGUNAKAN PAN AMERICAN JIG

Riam Marlina Amsya, Septiar Lulfi Akbar

Abstract


Urgensi dari penelitian ini adalah analisis keterdapatan kadar Sn dan mineral cassiterite pada tailing hasil pencucian bijih timah pada penambangan Pit TB Pemali PT. Timah Tbk. Keterdapatan timah di lapangan yang semakin sedikit, menyebabkan tailing memiliki peluang untuk diolah kembali. Tailing yang selalu bertambah dari setiap pencucian timah menggunakan pan america jig mengakibatkan menumpuknya tailing disekitar penambangan. Umumnya pada saat pencucian timah menggunakan pan america jig tidak akan mencapai perolehan (recovery) 100% sehingga mineral ikutan bahkan mineral utama masih ada yang tertinggal dan terbuang bersama tailing. Pengusahaan tailing dapat lebih mudah dibandingkan dengan          mengusahakan cebakan insitu, hal ini karena umumnya tailing sudah berada pada permukaan atau pada tempat dangkal, sehingga proses penggalian/penambangan kembali memerlukan biaya lebih rendah seperti yang dilakukan oleh masyarakat sekitar tambang selama ini. Tujuan penelitian ini untuk memberikan infomasi kepada pelaku kegiatan penambangan bijih timah mengenai 1) kandungan kadar Sn dan kandungan mineral cassiterite pada tailing pengolahan bijih timah. 2) mengetahui upaya meningkatkan recovery hasil pencucian bijih timah dengan modifikasi pan america jig. Penelitian dilakukan dengan melakukan uji laboratorium sampel tailing dan melakukan pencucian sampel tailing dengan pan america jig yang telah dilakukan modifikasi ketebalan bed-nya. Kandungan kadar rata-rata cassiterite (Sn) sebesar 10,77%Sn. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil produksi yaitu merubah ketebalan bed sesuai dengan SOP. Hasil produksi simulasi sesuai SOP yaitu sebesar 359,2 kgSn/shift. Hasil produksi tersebut mengalami peningkatan 88,72 kg dari produksi sebelum nya yaitu sebesar 270,48 KgSn/Shift. Apabila tetap dilakukan pengolahan kembali pada tailing maka perusahaan akan megalami keuntungan.

Keywords


Timah; Cassiterite; Tailing; Pan American Jig; Kadar Sn

References


Andhika R, Triantoro A, Dwiatmoko UM. Optimalisasi Recovery Jig Untuk Produksi Timah Di Kepulauan Riau, Jurnal GEOSAPTA Vol. 6 No.1; 2020.

Azwardi, Ichwan. 2014. Penambangan Timah Alluvial. Dgs.

Barry A. Wills, Tim Napier-Munn. 2006. Mineral Processing Technolgy : An Introduction to the Pratical Aspects of Ore Treatment and Mineral Recovery. Elsevier Science & Technolgy Books : Australia; Hal. 39 - 46, 90 – 97.

Herman PD. 2007. Potensi Mineral Cassiterite Dan Illmenite Pada Daerah Bekas Penambangan Timah. Jurnal Promine (Vol 3 No 2); Hal.30-40.

Mukiat Oentari.C, Ningsih.YB. 2019. Evaluasi Teknis Nilai Recovery Dan Kadar Kasiterit Pada Alat Pan american jig Pbbt Pt. Timah (Persero) Tbk. Pemali Kepulauan Bangka Belitung, Jurnal Pertambangan Vol 3. No 3.

Sabtanto JS. 2007. Prospek Pengembangan Potensi Bahan Galian Pada Wilayah Bekas Tambang Timah Dan Emas Alluvial. Kelompok Program Penelitian Konservasi- Pusat Sumber Daya Geologi.

Sabtanto JS. 2007. Tinjauan Reklamasi Lahan Bekas Tambang Dan Aspek Konservasi Bahan Galian.

Selviyana F, Hasjim M, Juniah R. Kajian Teknis Pengaruh Ketebalan Lapisan Bed Pada Pan merican jig Terhadap Recovery Timah Di Tb 1.42 Pemali Pt Timah (Persero) Tbk, Bangka. Jurnal Ilmu Teknik Unsri.

Somsak S, Thitisak B, Pinyo M. 2016. Recovery of Fine Cassiterite from Tailing Dump in Jarin Tin Mine Thailand. Engineering Journal Vol 20 Edisi 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v23i1.602

Article Metrics

Abstract view : 204 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Riam Marlina Amsya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367