ANALISA KERUSAKAN WIRE ROPE (TALI BAJA) PADA ELECTRIC HOIST LT.2 UTARA SUSPENSION PREHEATER DI INDARUNG IV PT. SEMEN PADANG

Ilham Septiadi, Nilda Tri Putri

Abstract


Pemakaian yang rutin pada Electric hoist membutuhkan Perawatan dan pemeliharan agar mesin tersebut selalu siap untuk dipakai sehingga tidak mengganggu kegiatan produksi. Pada bulan november 2022, telah dilakukan penggantian Wire rope pada Hoist di Indarung IV, namun penggantian ini lebih cepat dari yang direncanakan. Oleh karena itu perlu untuk menganalisa penyebab terjadi kerusakan pada wire rope tersebut agar dapat digunakan sampai batas umur dan mencegah kecelakaan ketika hoist tersebut dioperasikan. Metode pengecekan kerusakan pada wire rope menggunakan metode visual dan pengukuran diameter pada wire rope. Lalu metode mencari akar permasalahan dengan menggunakan diagram Ishikawa ( Cause-Effect Diagram ). Berdasarkan hasil analisa dari data yang didapatkan, maka kerusakan pada wire rope sebelumnya yaitu korosi pada bagian luar, crushing dan waviness. Wire rope yang bergelombang terjadi akibat wire rope tersebut overlap pada drum hoist dan shaft. Pada komponen Hoist Stahl ini, telah terjadi equipment yang rusak yaitu Wire Rope Guide. Tidak adanya equipment wire rope guide menjadi salah satu faktor yang paling besar sebagai penyebab kerusakan pada tali baja. Penambahan Wire rope guide perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya tali baja tersebut mengalami terjepit dan kusut di drum hoist. Serta penambahan metode pelumasan pada kabel baja sehingga kabel baja tersebut tidak getas dan korosi.

Keywords


Hoist, Wire Rope, Wire Rope Guide

References


Akhmadi, Usman, 2019, Analisis Kekuatan Tali Baja Mini Crane Dengan Penggerak Mesin Sepeda Motor. Jurnal, Politeknik Harapan Bersama.

ASME. 2019. “ASME B30.30 Wire Rope.”

LiftAll.Ltd. (2018). Wire Rope & Slings.

Little, Daryl, and Chrissy Henderson. 2016. “Research Update Bottom Line Principal Investigators Service Life Determination of Wire Hoist Ropes Using Nondestructive Testing.” Bulletin: 2016–32. www.usbr.gov/research/projects/.. Diakses 28 Desember 2022

Muin, Syamsir A. 1990. Pesawat-Pesawat Pengangkat. Rajawali.

Rudenko, N. 1994. Mesin Pengangkat. Erlangga.

TR244C. (2002). Hoisting and Rigging Fundamentals for Riaaers and Operators Pendant Control-Components. of Ontario, C. S. A. (n.d.). hoisting and rigging safety manual. 1995.

WireCo. 2016. “Wire Rope User’s Handbook CONTENTS.”

Yale Hoist. 2020. Wire Rope Hoists Operation & Service Manual. www.tsoverheadcrane.com. Di akses 1 Januari 2023

Zayadi, Cahyono, 2020, Analisis Kekuatan Tali Baja Pada Lift Schindler Kapasitas 1600 KG. Jurnal, Universitas Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v23i1.570

Article Metrics

Abstract view : 300 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ilham septiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367