TEKNOLOGI PLASMA DIELECTRIC BARRIER DISCHARGE DALAM MENGURANGI BOD, COD LIMBAH CAIR INDUSTRI KELAPA SAWIT

Lailatul Rahmi, Sri Yanti Lisha, Vina Lestari Riyandini

Abstract


Teknologi pengolahan limbah cair kelapa sawit saat ini masih banyak yang menggunakan teknologi konvensional berupa pengolahan biologis seperti kolam aerasi. Pengolahan ini membutuhkan lahan yang luas sehingga perlu dicari alternative teknologi pengolahan  lainnya yang tidak membutuhkan lahan luas tapi mampu untuk menurunkan kadar COD dan BOD pada limbah cair industri kelapa sawit, seperti teknologi plasma. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas teknologi plasma tipe dielectric barrier discharge dalam menurunkan BOD dan COD limbah cair kelapa sawit. Dalam pengujian ini limbah cair industri kelapa sawit diberi tegangan yang berbeda-beda sebesar 0 Kv, 15Kv, 20Kv, 25 Kv. Didapatkan kadar BOD dengan tegangan 25 kV sebesar 184 mg/l dengan tingkat efisiensi sebesar 97% dan COD sebesar 321 mg/l dengan tingkat efisiensi sebesar sebesar 97%.

Keywords


BOD, COD, dielectrical barrier discharge, limbah cair kelapa sawit, teknologi plasma

References


Agung, Tuhu. 2017. Pengolahan Air Limbah Industri Tahu Menggunakan Teknologi Plasma.Universitas Pembangunan Nasional “ Veteran” Jawa Timur

Carpinlioglu, M.O., & Sanlisoy, A. 2017.Performance Assessment Of Plasma Gasification For Waste To Energy Conversion: A Methodology For Thermodynamic Analysis. Journal of Hydrogen Energy.

Ma, Sukhwal, dkk. 2020. Purification of Organic Pollutants in Cationic Thiazine and Azo Dye Solution Using Plasma- Based Advance Oxidation Process Via Submerged Multi-Hole Dielectric Barrier Discharge. Separation and Purification Technologi. Elsevier

Riandini, Yoel Migei.2006. Penggunaan Teknologi Plasma (ElectricalDischarge) Pada Permukaan Aor Dengan Sistem Non–Contact Electrode Untuk Menurunkan Warna, pH, TSS, COD Dalam Limbah Cair Pencelupan Industri Tekstil. Laporan Tugas Akhir Teknik Lingkungan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ruj, B. and S. 2014.Ghosh, Technological Aspects For Thermal Plasma Treatment Of Municipal Solid Waste—A Review. Fuel Processing Technology, p. 298-308.

Ryane, Ade. 2017. Penggunaan Teknologi Plasma Dalam Mengurangi Kandungan BOD Dan Warna Pada Limbah Cair Industri Minuman Ringan. Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v23i1.554

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 sri yanti lisha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367