PERENCANAAN TEKNIS DAN EKONOMIS REKLAMASI PERIODE 2021-2023 DI DISPOSAL PT. BIMA PUTRA ABADI CITRANUSA (BOMBA GROUP)

Dhony Indra Firsada, Restu Juniah, Syarifudin Syarifudin, Hisni Rahmi

Abstract


PT. Bima Putra Abadi Citranusa (PT.BPAC) Wilayah Izin Usaha Pertambangan secara administrasi terletak di Kecamatan Merapi Selatan, Lahat, Sumatera Selatan. Tujuan penelitin ini adalah merencanakan teknis kegiatan reklamasi pada disposal area di PT. Bima Putra Abadi Citranusa tahun 2021-2023. Metode penelitian yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan menggabungkan antara teori, hasil penelitian sebelumnya yang berhubungan dengan judul yang akan diteliti, serta data primer dan sekunder yang didapatkan dari lapangan. Kemudian data – data tersebut diolah untuk dapat menyelesaikan permasalahan dan penyelesaian dari penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan meliputi studi literatur, orientasi lapangan, pengambilan dan pengolahan data, serta penarikan kesimpulan dan saran. Kegiatan rencana reklamasi terbagi menjadi dua aspek, yaitu teknis dan ekonomis. Pada PT. Bima Putra Abadi Citranusa, aspek teknis yang dilakukan terdiri dari kegitan penataan lahan yang berupa penebaran penebaran tanah pucuk (top soil), pengendalian erosi dengan membuat saluran drainase, dan kegiatan revegetasi, sedangkan aspek ekonomis berupa biaya langsung dan biaya tidak langsung. Kegiatan reklamasi ini dilakukan pada area disposal yang terletak di sebelah selatan area penambangan batubara seam A1. Rencana kegaitan reklamasi pada PT. BPAC  ini dilakukan berdasarkan kondisi actual di lapangan dan dokumen studi kelayakan PT. BPAC yang sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Kesimpulan yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu biaya yang dibutuhkan untuk rencana kegiatan Reklamasi meliputi biaya langsung sebesar Rp 3.473.516.330 biaya tidak langsung sebesar Rp 771.090.618 dengan total biaya untuk reklamasi adalah Rp 4.244.606.948 yang merupakan total dari biaya langsung dan tidak langsung.

Keywords


Teknis, Ekonomi, Reklamasi, Disposal

References


Damayanti, R, Handayani, S, Surono, W, et al. (2020). “Aksi Hijau di Lingkar Tambang Keberlanjutan Lingkungan Untuk Masa Depan”. Bandung : Tekmira Press.

Juniah, R. (2018). “Harmonization of Green Open Space as Carbon Assimilator for Sustainable Environment of Transportation Sector and Steam Power Plant” Lecturer of Mining Engineering Department Sriwijaya University.

Juniah, R. Hisni Rahmi. (2019). “Utilization Study of Void Mine For Sustainable Environment of The Limestone Mining Sector at PT Semen Baturaja (Persero) Tbk”. 3 Lecturer at Dept. Mining Engineering Sriwijaya University : Indralaya.

Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 1827 K/30/MEM/2018. Pedoman Pelaksanaan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik. Jakarta.

Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.60/Menhut-II/2009. “Pedoman Penilaian Keberhasilan Reklamasi Hutan”. Jakarta.

Komatsu, M., et al. (2013). “Engineered Streptomyces avermitilis Host for Heterologous Expression of Biosynthetic Gene Cluster for Secondary Metabolites”. ACS Synthetic Biology. 2 (7), 384–396.

Parascita, L., Anton S., dan Gunawan N., (2015). “Rencana Reklamasi pada Lahan Bekas Penambangan Tanah Liat di Kuari Tlogowarupt. Semen Indonesia (Persero) Tbk. Pabrik Tuban, Jawa Timur”. Jurnal Teknologi Pertambangan Vol. 1 (1) Periode: Maret-Agustus 2015.

Rahman, A. Juniah, R., (2019) “Evaluasi Pelaksanaan Reklamasi Dan Pasca Tambang Batu Kapur di PT Semen Baturaja (Persero) Tbk.

Rahmawaty. 2002. “Restorasi Lahan Bekas Tambang Berdasarkan Kaidah Ekologi”. USUdigitallibrary.www.library.usu.ac.id/download/fp/hutanrahmawaty5.pd fRestoration.CurrentSci.82 (Diakses pada 3 Januari 2015).

Sari, E. R., Ansosry, & Prabowo, H. (2018). “Perencanaan Reklamasi Lahan Bekas Penambangan Pit D1 Pt. Aman Toebillah Putra Site Lahat Sumatera Selatan”. Bina Tambang, 3(2), 861-873.

Singh, A. N., A. S. Raghubanshi and J. S. Singh. 2002. Plantation as a Tool for Mine Spoil Restoration. Current Sci. 82(12):1436-1441.

Suripin. (2004). Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: ANDI Offset.

Suripin, 2003. Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan, Andi, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v22i1.466

Article Metrics

Abstract view : 374 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dhony Indra Firsada, Restu Juniah, Syarifudin Syarifudin, Hisni Rahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367