METODE PIECES DALAM MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA PORTAL AKADEMIK

Dede Wira Trise Putra, Hasanul Bulkis, Putri Mandarani, Anna Syahrani

Abstract


Portal akademik merupakan sebuah cara dalam menyebarkan informasi yang cepat kepada para pengguna serta dapat membantu dalam penyelesaian masalah yang dimiliki oleh sebuah institusi. Sebuah portal akademik yang merupakan sebuah sistem informasi digunakan oleh pengguna yang beragam. Keberagaman ini akan membuat pengguna puas maupun tidak puas dengan sistem yang ada sehingga perlu pengembangan lebih lanjut kedepannya. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam mengukur tingkat kepuasan pengguna adalah metode pieces yang memiliki variabel penilaian performance, information, economy, control, efficiency dan service. Penelitian menggunakan kuisioner pada responden pengguna aktif portal akademik yang  dilakukan penyebarannya melalui platform google form. Kuisioner menghasilkan tingkat kepuasan yang diperoleh hasil cukup baik. Perbaikan untuk pengembangan ke depan difokuskan pada variabel kontrol yang memiliki nilai terendah 450,67. Berdasarkan hasil kuisioner variabel kontrol memiliki penilaian rendah terhadap kondisi akses akun pada portal akademik, sehingga diperlukan pengembangan terhadap tampilan notifikasi peringatan ketika akun digunakan lebih dari satu perangkat.

Keywords


Akademik, Kuisioner, Pieces, Control

References


Agustina, Nani. “Evaluasi Pengggunaan Sistem Informasi ERP Dengan Metode Pieces Framework”. Jurnal Informatika, Vol.5 No.2. September 2018, pp. 278-286.

Elmawati, Veni Wedyawati, Yulmi Sari. “Perancangan Sistem Informasi Data Rekam Medis Puskesmas Kumanis Kabupaten Sijunjung Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic.Net”. Jurnal Sains dan Teknologi, Vol.20 No.1. Juni 2020, pp. 1-6.

Hamid, Abdul, et all. “Sistem Informasi Pendaftaran Uji Kompetensi Pada Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik Jakarta”. Jurnal Sains dan Teknologi, Vol.20 No.1. Juni 2020, pp. 12-19.

Indrawati, et all. “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework”. Ilkom Jurnal Ilmiah, Vol. 11 No. 2. Agustus 2019. pp. 118-128.

Jamaludin. “Pengaruh Curent Ratio dan Total Assets Turn Over Terhadap Struktur Modal pada PT. Unilever Indonesia, Tbk”. Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma. Vol. 2, No.1 Maret 2019. pp. 31-53.

Nuryanti, Yulis. “Kajian Penerapan Sistem Informasi Akademik Dengan Menggunakan Metode Pieces Dalam Meningkatkan Kepuasan Civitas Akademika Stie-Stmik Insan Pembangunan”. Jurnal IPSIKOM. Vol. 5. No. 2. Desember 2017. pp. 1-18.

Safarudin, Muhamad Sigid. “Analisis Kepuasan Pengguna Marketplace Tokopedia Dengan Metode PIECES di Tokopedia Community Batam”. SNISTEK. 2018. pp. 109-114.

Sari, Yolanda Rizyta dan Evy Nurmiati. “Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan PIECES Framework (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UIN Jakarta)”. Infotekjar. Vol. 5 No. 2. Maret 2021. pp. 77-82.

Zahra, R. Ratika dan Nofha Rina. “Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit Di Kota Bandung”. Jurnal Lontar. Vol.6, No. 1. 2018. pp. 43-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v21i1.360

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sains dan Teknologi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367