PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) PADA PROSES PRODUKSI BAK MOBIL TRUK DI CV. LURSA ABADI KOTA PADANG

Tri Ernita, Riko Ervil, Restiani Meidy

Abstract


CV. Lursa Abadi merupakan suatu perusahaan yang memproduksi bak mobil truk. Permasalahan yang terjadi pada CV. Lursa Abadi adalah terbatasnya persediaan bahan baku yang terjadi dikarenakan tidak memiliki gudang penyimpanan, sehingga perusahaan ini harus memesan bahan baku terlebih dahulu kepada supplier dan pemesanannya masih dilakukan secara manual yang dapat menyebabkan waktu proses produksi menjadi terhambat. Oleh karena itu penelitian ini akan dilakukan perencanaan persediaan bahan baku dengan metode material  planning pada proses produksinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan kebutuhan bahan baku dalam proses produksi pembuatan bak mobil truk dan untuk mengetahui waktu perusahaan dapat melakukan safety stock untuk kelancaran proses produksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan peramalan persediaan menggunakan metode terpilih yaitu metode linear dengan nilai SEE terkecil sebesar 0,662 dengan total rencana produksi pada periode ke 13 adalah 7 unit. Setelah melakukan peramalan selanjutnya menggunakan metode MRP dengan proses netting, lotting, offsetting dan exsplosion. Setelah melakukan perhitungan menggunakan metode MRP dengan 4 proses maka dapat diketahui waktu yang tepat dalam melakukan safety stock untuk kelancaran proses produksi bak mobil truk (bak siluman) pada periode selanjutnya yaitu pada bulan ke 12.

Keywords


Bak Mobil Truk, Peramalan, MRP, dan Safety Stock

References


Alam, Wahyu Purnama. 2019. Perencanaan Persediaan Bahan Baku Wajan Dengan Metode MRP Pada Perusahaan Cor Aluminium Bintang Dua Di Kec. Cikoneng Kab. Ciamis. Jurnal Media Teknologi. Volume 05 Nomor 1.

Anggriana, Zita Katarina. 2015. Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Busbar Berdasarkan Sistem MRP. Vol IX No 3, Hal : 320 – 337. Jurnal Teknik Industri, Universitas Mercu Buana Jakarta.

Arbi, Yaumal. 2019. Buku Panduan Penulisan Laporan Kerja Praktik dan Tugas Akhir, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang, Padang.

Bunga, William Ariel Yosia, & Rinawati, Dyah Ika. 2019. Perencanaan Persediaan Bahan Baku Semen Dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning (Mrp) Pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Plant Cirebon. Industrial Engineering Online Journal, Volume 7 Nomor 4.

Gasverz, V. 1998. Production Planning and Inventory Control, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Irawan, Putut Ade & Syaichu, Achmad. 2017. Pengendalian Persediaan Bahan Baku dengan Metode (MRP) Pada PT. Semen Indonesia (Persero), Tbk. Journal Knowledge Industrial Engineering, Volume 4 Nomor 1.

Khairani, Diana. 2013. Perencanaan Pengendalian Produksi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kusuma, Hendra. 2008. Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Gunawidya, Surabaya.

Riko Ervil, Mela Rosalina. 2019. Estimasi Permintaan Air Minum Dalam Kemasan Ayia Cip 240 ML Pada PT. Gunung Naga Mas, Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, Volume 2, Issue 2.

Sari, Dini Hanafi, dan Wiwik Budiawan, ST., MT, 2017. Analisis Penerapan (MRP) dengan Mempertimbangkan Lot Sizing dalam Pengendalian Persediaan Kebutuhan Bahan Baku Xoly Untuk Pembuatan ALKYD 9337. Jurnal Teknik Industri FT-UNDIP. Volume 6 Nomor 1.

Abdurahman, Nandar Cundara, Sanusi Sanusi, & Muh. Wahyu Ar. 2018. Analisa Pengendalian Persediaan Kabel Rg 6 Dengan Menggunakan Metode (MRP) Dan Vendor Managed Inventory (VMI). Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), Volume 3 Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v21i1.357

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sains dan Teknologi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367