PEMANFAATAN PUPUK CAIR DARI AMPAS KOPI DAN TEH PADA PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI (BRASSICA JUNCEA L) DENGAN METODE HIDROPONIK

Anisa Fitri

Abstract


Sumatera Barat merupakan daerah menghasilkan kopi, sehingga kopi merupakan komoditi penyegar bagi penduduk. Selain kopi, teh juga bagian yang banyak diminati untuk di konsumsi oleh masyarakat. Cara menanggulangi dari ampas - ampas tersebut adalah dengan memanfaatkan ampas untuk dijadikan sebagai pupuk cair yang akan di uji langsung ke tanaman. Tanaman yang dipilih dalam penelitian ini adalah tanaman sawi (Brassica juncea L.). Untuk pembuatan pupuk cair ke media tanaman ini adalah dengan menggunakan metode hidroponik. Media yang digunakan dengan memilih tiga perlakuan, yakni dengan komposisi tanpa pupuk cair; pupuk AB Mix, dan pupuk cair dari ampas kopi dan teh. Dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik penggunaan pupuk cair dan menunjukkan bahwa perlakuan yang dilakukan oleh perlakuan III lebih memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan perkembangan sawi (Brassica juncea L), yakni dengan komposisi pupuk cair 10 ml dan air 1000 ml. Analisa yang dilakukan meliputi tinggi batang, jumlah daun, dan panjang daun. Dari hasil uji yang didapatkan pengaruh signifikan dan didapatkan komposi sioptimum. Dari hasil tersebut didapatkan pada hari ke 14 tinggi batang sawi 1,8 cm; jumlah daun 6 helai; dan panjang daun rata - rata 1 cm yang memberikan pengaruh positif pada pertumbuhan sawi (Brassica juncea L).

Keywords


Ampas, Pupuk Cair, Pertumbuhan, Sawi

Full Text:

PDF

References


Elmi S, dkk., Pembuatan Pupuk Organik Cair Menggunakan Bioaktivator Biosca dan EM4, Universitas Bung Hatta, Padang, 2012.

Srikandi Rahayu, Pengertian Penelitian Eksperimen Serta Karakteristiknya, http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2017/09/pengertian-penelitian-eksperimen-serta-karakteristik.html (diakses pada tanggal 12 April 2019)

Ahmad Faisal., Pengaruh Pemberian Ampas Kopi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kacang Panjang ( Vigna sinesis L.), Universitas Negeri Medan, Medan, 2014.

Dewi Ratna, dkk., Peran Pembenah Tanah yang Berbasis Ampas Teh terhadap Pertumbuhan Tanaman Wijen (Sesamum indicum, L.), Universitas Slamet Riyadi Surakarta, Surakarta, 2017. ( Jurnal Pertanian).

Fajar Ronggo A., Pemanfaatan Ampas Tebu dan Ampas Teh Sebagai Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabai Merah Keriting (Capsicum annum L) Ditinjau dari Intensitas Penyiraman Air Teh, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

Firman L. Sawahan, Efektivitas Pengomposan Sampah Kota dengan Menggunakan “Komposter” Skaa Rumah Tangga, Universitas Sahid, Jakara, 2004.

Gregous Prima, dkk., Pengaruh Penambahan Leachate pada Proses Pengomposan Domestic Biowaste Secara Aerob, Universitas Setia Budi Surakarta, Surakarta,2015.

I Nyoman S, dkk., Penerapan Komposter Anaerobik dalam Pembuatan Pupuk Cair dari Sampah Basah di Perumahan Pondok Cempaka Indah Kota Malang, Institusi Teknologi Nasional Malang, Malang, 2015. (SAINTEK)




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/jaerasi.v2i1.332

Article Metrics

Abstract view : 958 times
PDF - 413 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL AERASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.