ANALISIS POTENSI REDUKSI SAMPAH DI KECAMATAN BANUHAMPU KABUPATEN AGAM

Putri Nilam Sari, Fitria Ramadhani, Nizwardi Azkha

Abstract


Kecamatan Banuhampu tidak memiliki tempat pengelolaan akhir sampah dan sampai sekarang sampah di Kecamatan Banuhampu masih dibuang ke TPA regional Payakumbuh. Sudah saatnya Kecamatan Banuhampu beralih ke paradigma baru pengelolaan sampah yang fokus pada reduksi sampah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis potensi reduksi sampah di Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Banuhampu dari bulan Februari-Juli 2020. Informasi dikumpulkan dari wawancara mendalam, telaah dokumen, dan observasi. Tujuh informan untuk wawancara mendalam ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengolahan dan analisis data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menemukan bahwa pada indikator perubahan paradigma belum terdapat kebijakan 3R dan belum terlihat penerapannya. Pada kegiatan  3R belum ditemukan kebijakan dan program khusus. Akan tetapi terdapat beberapa individu atau kelompok tertentu yang melakukan untuk kepentingan pribadi walaupun sosialisasi ke masyarakat sudah sering dilakukan. Pada indikator bank sampah belum terdapat bank sampah dan masih direncanakan. Sedangkan pada indikator waste to energy belum ada kebijakan dan fasilitas yang memadai. Disarankan agar semua pihak bermusyawarah untuk mendapatkan solusi dari kendala yang ada karena sebenarnya banyak sekali peluang pengurangan sampah melalui daur ulang sampah dan pemanfaatan sampah di Kecamatan Banuhampu salah satunya melalui pengomposan.


Keywords


perubahan paradigma pengelolaan sampah, 3R, bank sampah, waste to energy

References


Arisona, R. D. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pada Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–51.

Bartl, A. (2014). Ways and entanglements of the waste hierarchy. Waste Management, 34(1), 1–2.

Brunner, P. H., & Rechberger, H. (2015). Waste to energy–key element for sustainable waste management. Waste Management, 37, 3–12.

Danish, M. S. S., Zaheb, H., Sabory, N. R., Karimy, H., Faiq, A. B., Fedayi, H., & Senjyu, T. (2019). The Road Ahead for Municipal Solid Waste Management in the 21st Century: A Novel-standardized Simulated Paradigm. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 291(1), 12009.

Faridha, F., Pirngadie, B., & Supriatna, N. K. (2015). Potensi pemanfaatan sampah menjadi listrik di TPA Cilowang Kota Srang Provinsi Banten. Ketenagalistrikan Dan Energi Terbarukan, 14(2), 103–116.

Gunawan, R. (2018). Peningkatan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sampah rumah tangga melalui kelompok sadar sampah" Sri Kandi" di Desa Karangtengah, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hoornweg, D., & Bhada-Tata, P. (2012). What a waste: a global review of solid waste management.

KemenPU. (2010). Modul Pengolahan Sampah Berbasis 3 R. In Kementerian Pekerjaan Umum.

Puspitawati, Y., & Rahdriawan, M. (2012). Kajian pengelolaan sampah berbasis masyarakat dengan konsep 3R (reduce, reuse, recycle) di Kelurahan Larangan Kota Cirebon. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 8(4), 349–359.

Qodriyatun, S. N. (2014). Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan sampah berdasarkan UU No. 18 Tahun 2008. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 5(1), 21–33.

Rahman, R. P., & Anna, A. N. (2017). Pengaruh Keberadaan Bank Sampah Terhadap Reduksi Produk Sampah Di Kota Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 30 Tahun 2007 Tentang Energi, Jakarta (2007).

Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, Jakarta: Sekretariat Negara (2008).

Selomo, M., Birawida, A. B., Mallongi, A., & Muammar, M. (2017). Bank Sampah Sebagai Salah Satu Solusi Penanganan Sampah Di Kota Makassar. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(4), 232–240.

Suryani, A. S. (2014). Peran bank sampah dalam efektivitas pengelolaan sampah (studi kasus bank sampah Malang). Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 5(1), 71–84.

Widiyanti, A., Rahmayanti, A., Hamidah, L. N., Chikmawati, Z., Prayogi, Y. R., & A’yuni, Q. (2019). Pengelolaan Sampah dengan Sistem 3R di Bank Sampah Cangkringsari Berseri Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. E-Prosiding SNasTekS, 1(1), 77–82.

Yogiesti, V., Hariyani, S., & Sutikno, F. R. (2012). Pengelolaan sampah terpadu berbasis masyarakat Kota Kediri. Jurnal Tata Kota Dan Daerah, 2(2), 95–102.

Yuneke, V. (2016). Penerapan Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam Pengelolaan sampah Sebagai Upaya Pengendalian Pencemaran Lingkungan di Kabupaten Bantul. In Universitas Atma Jaya Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v20i2.257

Article Metrics

Abstract view : 34 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Sains dan Teknologi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang

Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367