PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA BERBASIS COMPUTER BASED TRAINING (CBT) PADA BIDANG TEKNIK VOKASI

Zulkifli Zulkifli

Abstract


ABSTRAK

 

Beberapa tujuan penelitian pengembangan model pembelajaran Competensi Based Training (CBT) pada bidang vokasi ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran dalam bentuk aplikasi multimedia. Sehingga dengan adanya aplikasi mulitmedia CBT ini sebagai perangkat pembelajaran agar siswa dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya yang pada gilirannya diharapkan para siswa dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan dapat meningkatkan kualitasnya. Penelitian ini merupakan Research & Development yang terdiri atas beberapa tahapan dan yaitu: (1) tahap analisis kebutuhan; (2) Desain; (3) Pengembangan; serta dalam tahap pengembangan terdiri atas tahapan konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), tes (testing), dan distribusi (implementation). Hasil penelitian pada tahap perancangan dan pengembangan adalah, ditemukan perangkat pembelajaran CBT dalam bentuk aplikasi multimedia menggunakan Perangkat lunak 3Ds Max untuk siswa vokasi sehingga siswa belajar seperti layaknya pratikum namun dengan tampilan dan visualisasi yang menarik serta adanya backsound musik dan suara  sehingga tidak membosankan.

 

Kata Kunci: CBT, Aplikasi, Multimedia, kompetitif, 3Ds Max


References


Borg and Gall. (1983). Educational Research: An Introduction. Fourth Ed. New York: Longman Inc.

Dhabith Shabrina Yandari Putri (2016). Pembelajaran dengan pendekatan Competency based training (cbt) di lkp belva Di desa sidorejo, kecamatan karangawen, Kabupaten demak. Semarang. Universitas negeri semarang

Katong DS (2010). Belajar Animasi Rumah Sederhana.https://id.savefrom.net/#url=http://youtube.com/watch?v=7R-0Jqb-EnM&utm_source=youtube.com&utm_medium=short_domains&utm_campaign=www.ssyoutube.com

Lia amalia, Suwatno(2016). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Efektivitas Competency Based Training. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Volume 1, Nomor 1, Agustus 2016

Luther, A. C., 1994, Authoring Interactive Multimedia, Academic Press, Inc., Massachusettes.

Mimi Miftahul Jannah (2010). Aplikasi Multimedia Computer Based Training (CBT) Untuk Bantuan Operasional Sekolah Pada Kantor Depag Kabupaten Tangerang. Jakarta. Universitas islam negeri syarif hidayatullah

Riana T. Mangesa (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Competence Based Training (CBT) Berbasis Kompetensi Kerja Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal mekom, vol.3 no.2 agustus 2016.

Sulistria, hafidudin, makfi (2007). Perancangan dan Pembuatan CBT (computer base Training) Untuk Teknologi Softswitch (Design And Implementation Of CBT(computer base Training) For Softswitch Technology). Bandung. Universitas telkom

Sunarso dan Paryanto (2014). Model Pembelajaran Competence Based Training (CBT) Berbasis Karakter Untuk Pembelajaran Praktik Kerja Mesin Di sekolah menengah kejuruan. Jurnal pendidikan karakter, tahun iv, nomor 3, oktober 2014

Sutopo, A. H., (2003), Multimedia Interaktif dengan Flash, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Yohanes Adio Balan, Sudarmin & Kustiono(2017). Pengembangan Model Computer Based Test (CBT) Berbasis Adobe Flash untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET 6 (1) (2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v18i1.86

Article Metrics

Abstract view : 691 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Zulkifli Zulkifli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367