STRATEGI MANAJEMEN PERUBAHAN UNTUK MEMPERCEPAT TRANSFORMASI DIGITAL DALAM PEMASARAN PRODUK IKM DI SUMATERA BARAT

Nilda Tri Putri, Lona Delviari, Asmuliardi Muluk, Prima Fithri

Abstract


Sektor utama penggerak ekonomi Sumatera Barat ditopang oleh lima kategori yaitu pertanian, kehutanan, perikanan, industri kecil menengah (IKM), perdagangan besar dan eceran, serta reparasi mobil dan motor. Oleh karena itu pemerintah berupaya untuk menberdayakan setor ini agar mampu bersaing di era digital. Salah satunya dengan memberikan pelatihan kepada IKM terkait penggunaan digital sebagai sarana promosi dan pemasaran produk, tujuannya agar mampu memperluas pasar dan meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan pada IKM dalam bertransformasi menuju digital dari sudut pandang manajemen perubahan khususnya pada IKM yang telah mendapatkan pelatihan terkait pengembangan dan promosi produk menggunakan teknologi informasi dengan menggunakan metode dari Kotter’s yaitu leading changes management. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan 19 dari 21 IKM yang diteliti telah merasakan dampak positif digital bagi IKM mereka, namun yang menjadi penghambat mereka untuk terus bergabung dan memperluas pasar di digital adalah Sumber Daya Manusia yang dimiliki belum mampu mengelola digital itu sendiri. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran awal terkait kondisi IKM dalam bertransformasi menuju digital dan mampu memberikan masukan bagi IKM serta Pemerintah Daerah Sumatera Barat terkait pelatihan yang dibutuhkan oleh IKM dalam membantu mereka untuk bertransformasi digital.

Keywords


Digital, IKM, Manajemen Perubahan, Pemasaran Produk, Promosi Produk

References


Arifin, M. 2017. Strategi Manajemen Perubahan Dalam Meningkatkan Disiplin Di Perguruan Tinggi, Jurnal EduTech, 3(1), 118–132. Available at: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/990/pdf_36.

BPS Sumbar. 2018. Profil Industri Kecil dan Menengah Provinsi Sumatera Barat. 6104006.13. Sumatera Barat: BPS Provinsi Sumatera Barat.

Dewi, R. R. dan and Kurniawan, T. 2019. Manajemen Perubahan Organisasi Publik : Mengatasi Resistensi Perubahan, Natapraja, 7(1), pp. 53–72. doi: 10.21831/jnp.v7i1.24599.

Dinas Perindustrian Sumatera Barat. 2016. Pelatihan Pengambangan Promosi dan Pemasaran Produk Menggunakan Teknologi Informasi, 7439. Available at: https://disperindag.sumbarprov.go.id/details/news/7439.

Dwianto, A. S. dan P. P. 2017. Penerapan 8 Langkah Perubahan Organisasi Dari Kotter’s Dalam Rangka Mengembangkan Inovasi di PT . Pos Indonesia Untuk Menjaga Eksistensi dan Daya Saing Pelayanan Publik (studi kasus di Kantor Pos Jakarta Utara 14000)’, Prosiding Penelitian, 159–166.

Febria, D., Tjakraatmadja, J. and Welly, J. 2013. Analysis and Development of Change Management Framework in Jatis Solutions, Indonesian Journal of Business Administration, 2(7), 758–772.

Hakim, L. and Sugiyanto, E. 2018. Manajemen Perubahan Organisasi Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Perusahaan di Industri Batik Laweyan Surakarta. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 49. doi: 10.23917/benefit.v3i1.6562.

Jaluanto dan Nouke A.K. 2015. Kepemimpinan dan Perubahan Manajemen Memimpin Perubahan Manajemen (Leading To Change Management), 93–108.

Kotter, J. P. 2012. Leading Change, Harvard Business Review Press. Boston: Harvard Business Review Press.

Lazuardi, Muhammad Lutfi, Sama’un, Jaja Raharja, dan H. A. M. 2020 ‘Change Management Strategy In Supporting Organizational Culture Implementation : A Case Study Of Pt.Bersama Zatta Jaya (Elcorps)’, AdBispreneur, 5(1), pp. 73–88. Available at: http://jurnal.unpad.ac.id/adbispreneur/article/view/27504.

Maulana, H. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Berbelanja Online Di E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Universitas Andalas). Universitas Andalas.

Permenperin No 64. 2016. Permenperin_No_64_2016.pdf. Jakarta.

Pryor, M. G. et al. 2008. Challenges facing change management theories and research, 9(1), pp. 1–20.

RPIP SUMBAR. 2018. RPIP_2018-20381.pdf. 14. Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v22i1.475

Article Metrics

Abstract view : 898 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nilda Tri Putri, Lona Delviari, Asmuliardi Muluk, Prima Fithri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367