MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAMPEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE STAD
Abstract
Perkembangan karakter dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 26 Padang masih belum sesuai dengan hasil yang diharapkan. STAD (Student Team Achievement Division) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang diperkirakan dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuanuntukmelihatbagaimana perkembangan karakterdan hasil belajar matematikasiswakelasVII SMPN 26 Padang tahun pelajaran 2012/2013 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan model rancangan The One Shoot Case Study.Hasil penelitianmenunjukkan adanya peningkatan karakter siswa yang belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meskipun tidak stabil, dan hasil belajar siswa yang belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat pada setiap pertemuannya
Keywords:Karakter, STAD,
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kemendiknas. 2010. Panduan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suherman, Erman. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontempoter (revisi). Bandung: JICA-UPI
DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v16i2.46
Article Metrics
Abstract view : 223 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 359 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Alfi Sabri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.