MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAMPEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE STAD

Alfi Sabri

Abstract


Perkembangan karakter dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 26 Padang masih belum sesuai dengan hasil yang diharapkan. STAD (Student Team Achievement Division) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang diperkirakan dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuanuntukmelihatbagaimana perkembangan karakterdan hasil belajar matematikasiswakelasVII SMPN 26 Padang tahun pelajaran 2012/2013 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan model rancangan The One Shoot Case Study.Hasil penelitianmenunjukkan adanya peningkatan karakter siswa yang belajar dengan  penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meskipun tidak stabil, dan hasil belajar siswa yang belajar dengan  penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkat pada setiap pertemuannya

 

Keywords:Karakter, STAD,

References


Kemendiknas. 2010. Panduan Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.

Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suherman, Erman. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontempoter (revisi). Bandung: JICA-UPI




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v16i2.46

Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 359 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Alfi Sabri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367