ANALISIS KONSENTRASI CO (KARBON MONOKSIDA) UDARA AMBIEN DARI SUMBER KENDARAAN BERMOTOR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL METI-LIS DI KAWASAN BALAI KOTA, MEDAN

Isra Suryati, Juni Hasudungan Siburian, Ahmad Rezky Daulay, Ivan Indrawan

Abstract


Pemodelan dispersi polutan dapat membantu memprediksi distribusi polutan dari berbagai sumber emisi. Hasil pemodelan dispersi polutan dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan pengelolaan kualitas udara. Lokasi dari penelitian ini berada di kawasan Balai Kota Medan yang menjadi salah satu fokus lalu lintas teraktif di Kota Medan. Tujuan dibalik tinjauan ini adalah untuk memperkirakan sebaran CO dari sumber kendaraan di kawasan Balai Kota, memetakan sebaran CO, dan membandingkan hasil model dan pengamatan langsung di lapangan. Model dispersi polutan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Model Meti-Lis. Berdasarkan pengamatan volume lalu lintas di 6 titik pengamatan, titik 2 merupakan lokasi dengan jumlah kendaraan terbanyak yaitu 9.532 unit/jam (hari) dengan laju emisi 130,49 g/m/jam. Berdasarkan hasil model Meti-Lis, konsentrasi CO tertinggi juga ditemukan pada titik 2 sebesar 2.452 g/Nm3. Hasil pengukuran langsung di lapangan diperoleh konsentrasi maksimum sebesar 8.952,38 g/Nm3 pada titik 2. Uji validasi dengan indeks Wilmott menghasilkan d=0,998, R=0,917, FB=-0,085, dan Fa2=0,133. Hasil validasi menunjukkan bahwa Model Meti-Lis dapat direkomendasikan dalam pemodelan dispersi polutan di sekitar kawasan Balai Kota Medan

Keywords


CO, Model Dispersi, Meti-Lis, Pengelolaan Kualitas Udara.

References


Aslim, Muhammad Arief Fitrah Istiyanto, Nasrul Ihsan, and Ahmad Yani. 2019. “PEMODELAN SEBARAN POLUTAN UDARA AKIBAT AKTIVITAS PLTD TELLO KOTA MAKASSAR MENGGUNAKAN MODEL DISPERSI GAUSS.” Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) 15(1): 36–44.

Badan Pusat Statistik Kota Medan. 2019. Kota Medan Dalam Angka 2019. Medan: BPS.

Dong, Nguyen Phuong. 2020. “MODELING AIR POLLUTION FROM VEHICLE EXHAUST AND APPLICATION TO STUDY AIR QUALITY FOR

CAU GIAY DISTRICT , HANOI.” 22(2): 90–96.

Ginting, Ivana Ameta Putri. 2017. “Analisis Pengaruh Jumlah Kendaraan Kelembaban , Dan Kecepatan Angin ) Terhadap Konsentrasi Karbon Monoksida ( CO ) Di Udara Ambien Roadside ( Studi Kasus : Pintu Tol Amplas Dan Pintu Tol Tanjung Morawa ).” Tugas Akhir Teknik Lingkungan USU: 1–143.

Ilmiawan, Dwiki Fahmi. 2019. “Proyeksi Penurunan Beban Emisi Co Sumber Transportasi Di Beberapa Ruas Jalan Kota Medan Dengan Skenario Sistem Bus Rapid Transit (Brt).” Tugas Akhir Teknik Lingkungan USU.

Indonesia, Republik. 2021. “Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Pedoman Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.” Sekretariat Negara Republik Indonesia 1(078487A): 483. http://www.jdih.setjen.kemendagri.go.id/.

Kementrian Lingkungan Hidup. 2010. “Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Pengendalian Pencemaran Udara Di Daerah.” Pelaksaan Pengedalian Pencemaran Udara Di Daerah Menteri Negara Lingkungan Hidup: 1–199. www.menlhk.go.id.

Ramayana, Kiki, and Titik Istirokhatun. 2014. “PENGARUH JUMLAH KENDARAAN DAN FAKTOR METEOROLOGIS ( SUHU , KELEMBABAN , KECEPATAN ANGIN ) TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI GAS PENCEMAR CO ( Karbon Monoksida ) PADA PERSIMPANGAN JALAN KOTA SEMARANG ( STUDI KASUS JALAN KARANGREJO RAYA , SUKUN RAYA , Dan NG.” Teknik Lingkungan UNDIP.

Rangga, Boy. 2014. “Analisis Dispersi Gas Karbon Monoksida (CO).” Jurnal Mahasiswa Teknik Lingkungan UNTAN 2, No. 1: 1–11.

Samosir, Ridwan. 2017. “ANALISIS KONSENTRASI SO 2 DAN CO MENGGUNAKAN MODEL GAUSSIAN LINE SOURCE DI UDARA AMBIEN ( Studi Kasus : Pintu Tol Tanjung Morawa Dan Pintu Tol Amplas ).” Tugas Akhir Teknik Lingkungan USU.

Sinaga, Sartikasmawaty, and Dwi Siwi Handayani. 2013. “Pengaruh Jumlah Kendaraan Dan Faktor Metorologis Terhadap Konsentrasi Karbon Monooksida (CO) Di Jalan Pandanaran Kawasansimpang Lima, Kota Semarang.” Teknik Lingkungan UNDIP: 1–8.

Suryati, Isra’ dan Hafizhul Khair. 2016. “Analisis Isophlet Konsentrasi Dan Estimasi Potensi Penurunan Karbon Monoksida Di Kota Medan.” Dampak Teknik Lingkungan UNAND 13(2): 1–9.

Vega Paramitadevi, Yudith. 2014. “Simulasi Dan Validasi Model Dispersi Karbon Monoksida (CO) Di Sekitar Pintu Tol Baranangsiang Bogor.” Tesis Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan IPB.

Winardi. 2015. “DISPERSI GAS KARBON MONOKSIDA (CO) DARI SUMBER TRANSPORTASI DI KOTA PONTIANAK.” Prosiding SEMIRATA 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat: 737–46.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v21i2.440

Article Metrics

Abstract view : 1489 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Isra Suryati, Juni Hasudungan Siburian, Ahmad Rezky Daulay, Ivan Indrawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367