STUDI SUSUNAN LAPISAN SERAT PENGUAT YANG IDEAL UNTUK “BIDUAK” PERAHU TRADISIONAL MINANGKABAU
Abstract
Biduak merupakan perahu dari budaya Minangkabau yang umumnya banyak digunakan sebagai alat transportasi di danau. Biduak dibuat dari kayu gelondongan yang dibentuk hingga menjadi sebuah perahu yang mempunyai ciri khas. Penggunaan kayu sebagai bahan baku utama pembuatan Biduak tidak bersahabat dengan lingkungan dapat menyebabkan bencana banjir, longsor pengurangan produksi oksigen dan pemanasan global. Penelitian ini mengkaji lapisan serat pada fiber yang ideal dalam menahan tekanan yang dialami dengan mempertimbangkan berat biduak itu sendiri. Untuk mengungkapkan tahanan yang dialami oleh lambung perahu ketika berlayar dilakukan dengan the Computer Fluid Dynamic (CFD). Pembuatan spesimen fiberglass dilakukan dengan metode hand-layout, dengan variasi lapisan serat. Serat penguat menggunakan jenis E-glass dengan tipe Chop Strand Mat 300 dan Woven Roving 600. Matrik menggunakan Unsaturated Polyester Resin BQTN 157-EX. Pengukuran kekuatan tarik dilakukan dengan menggunakan Universal Testing Machine. Hasil simulasi CFD mengungkapkan bahwa tekanan terbesar yang dialami biduak ketika berlayar adalah sebesar 10.4 MPa pada kecepatan 1 m/s. Hasil pengujian tarik pada setiap spesimen menunjukan bahwa semuanya memiliki kekuatan tarik yang lebih besar dari tekanan yang diterima oleh lambung biduak ketika berlayar. Berdasarkan pertimbangan berat, spesimen 1 yang paling ideal digunakan untuk pembuatan lambung biduak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar dalam penelitian serat fiberglass yang digunakan untuk perahu tradisonal, seperti pencarian serat alam untuk perahu fiberglass yang mampu menahan tekanan ketika pelaru berlayar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abhiroop, K., Saidas, V., & Shameem, B. . (2018). A review on the advancement of CFD technique in ship hydrodynamics. 8(12), 2250–3005.
Catur, A. D., & Salman, S. (2020). Manufacture of Composire Sandwidch Fishing Boat With The Hand Lay Up Technique. 15(2), 65–76.
Celik, C., Danisman, D. B., Kaklis, P., & Khan, S. (2020). An investigation into the effect of the hull vane on the ship resistance in openfoam. Sustainable Development and Innovations in Marine Technologies - Proceedings of the 18th International Congress of the International Maritime Association of the Mediterranean, IMAM 2019, 136–141. https://doi.org/10.1201/9780367810085-17
ITTC. (2011). Report 7.5-03-02-03: Practical Guidelines for Ship CFD Applications. ITTC – Recommended Procedures and Guidelines, 1–18.
Longobardi, P., Montenegro, A., Beltrami, H., & Eby, M. (2016). Deforestation induced climate change: Effects of spatial scale. PLoS ONE, 11(4). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0153357
Nabawi, R. A., Syahril, & Primawati. (2021). Study Reduction of Resistance on The Flat Hull Ship of The Semi-Trimaran Model: Hull Vane Vs Stern Foil. CFD Letters, 13(12), 32–44. https://doi.org/10.37934/cfdl.13.12.3244
Nabawi, R. A., Syahril, S., & Salmat, S. (2020). Stability Study of Flat Hull Ship for Fishing Tourism. Teknomekanik, 3(2), 80–85. https://doi.org/10.24036/teknomekanik.v3i2.9272
Prevedello, J. A., Winck, G. R., Weber, M. M., Nichols, E., & Sinervo, B. (2019). Impacts of forestation and deforestation on local temperature across the globe. PLoS ONE, 14(3), 1–18. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0213368
Syahril, & Nabawi, R. A. (2019). Numerical investigation of the effect on four bow designs flat hull ship. International Journal of GEOMATE, 17(62), 231–236. https://doi.org/10.21660/2019.62.95333
DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v21i2.434
Article Metrics
Abstract view : 232 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 30 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rahmat Azis Nabawi, Syahril Syahril, Aprizal Saputra, salmat salmat, Arya Azis Zulhendrik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.