USULAN PERANCANGAN PERBAIKAN STASIUN KERJA DENGAN ANALISIS PETA KERJA DAN KEBUTUHAN RUANG UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS

Armijal Armijal, Muhammad Firdaus

Abstract


CV. Raya Sport merupakan UKM yang bergerak di bidang konfeksi yang menghasilkan pakaian olahraga. UKM ini memiliki beberapa stasiun kerja, yang salah satunya adalah stasiun kerja penyablonan yang meliputi kegiatan penyablonan dan penjemuran. Pada stasiun ini terdapat kegiatan-kegiatan non-produktif (waste) berupa kegiatan berjalan secara overlapping dan terus menerus dari meja sablon ke area penjemuran pada saat menjemur kaos yang telah disablon serta kegiatan penataan ulang (rework) aktivitas penjemuran. Aktivitas-aktivitas non-produktif ini menyebabkan waktu pengerjaan pada stasiun penyablonan menjadi lebih lama dan tidak produktif. Selain itu, terbatasnya area penjemuran juga menurunkan produktivitas karena operator harus menata jemuran di lantai dan berpotensi menurunkan kualitas sablon. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengusulkan perancangan perbaikan proses dan metode kerja pada stasiun penyablonan menggunakan analisis peta kerja dan kebutuhan ruang (space requirement). Hasil analisis menggunakan PTKTK, FPC dan analisis space requirement diketahui bahwa tangan kiri dan tangan kanan tidak bekerja secara seimbang, waktu pengerjaan yang lama dan tidak produktif, serta kebutuhan ruang (space) yang tidak memadai. Oleh karena itu diperlukan pengkajian dan evaluasi fasilitas kerja dan metode kerja di lantai produksi dengan mempertimbangkan faktor ergonomi, efisiensi dan produktivitas. Usulan perbaikan perancangan stasiun kerja yang diusulkan adalah berupa desain alat bantu penjemuran yang terdiri atas tiang jemuran, rel yang bisa digeser, serta pengait.

Keywords


Produktivitas Kerja, Perbaikan Stasiun Kerja, Keunggulan Kompetitif, Industri Kecil dan Menengah, Aktivitas penjemuran

References


Indrajaya, D. (2019). Produktivitas Total ditinjau dari Segi Pembelian Material dan Penjualan Produk di PT Yanmar Diesel Indonesia. Factor Exacta. 12(2). Hal. 94 – 100.

Rosa, E.S. (2003). Analisis Manajemen Strategi PD. Kecap Zebra Dalam Menghadapi Persaingan Yang Semakin Kompetitif. IPB, Bogor.

Supriyanto, A. (2015). Pengaruh Sikap Kerja 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Terhadap Produktivitas. Riset dan Manajemen Akuntansi. 5(9). Hal. 23 – 31.

Wahyono. (2006) Usaha Peningkatan Produktivitas Kerja Sumber Daya Manusia. Infokam. 2(1). Hal.1-6

Zadry, H.R., Susanti, L., Yuliandra, B., Jumeno, D. (2015). Analisis dan Perancangan Sistem Kerja. Andalas University Press, Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v21i2.421

Article Metrics

Abstract view : 326 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Armijal Armijal, Muhammad Firdaus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367