PEMETAAN GUA JANJIAN UNTUK KONSERVASI KARST DI TALAGO GUNUNG, SAWAHLUNTO

Riko Maiyudi, Harizona Aulia Rahman, Fadel Muhammad

Abstract


Kota Sawahlunto memiliki banyak potensi bentang alam karst. Salah satunya adalah Gua Janjian yang terletak di Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin. Pemetaan adalah tahap pertama untuk melihat kondisi gua dan identifikasi objek di dalam gua. Pemetaan pengukuran menggunakan alat bantu seperti kompas, klinometer, pita ukur dan distometer. Metode yang digunakan dalam pemetaan ini adalah metode offset. Pengukuran menggunakan satu titik referensi atau stasiun dari pengamatan GPS. Dari data sudut horizontal, sudut vertikal, dan informasi jarak dapat diperoleh nilai posisi x, y dan z titik pengamatan yang diambil dari referensi stasiun. Penampang goa dilakukan dengan mengukur jarak ke kiri dan kanan goa, atap dan lantai goa pada titik stasiun pengamatan. Hasil pemetaan ini adalah peta Gua Janjian dan sebaran speleotema. Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi tahap awal konservasi karst di Gua Janjian.

Keywords


Sawahlunto, Gua Janjian, Konservasi

References


Agniy, RF dkk. (2019). Karakterisasi rongga Gua Anjani di Kawasan Karst Jonggrangan, Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia. Konferensi IOP Seri: Ilmu Bumi dan Lingkungan 256.

Alt, L & Moura, V (2013), 'Penggunaan Pemetaan Dampak untuk Perencanaan Infrastruktur di Gua Wisata – Studi Kasus: Gua Maquine, Simposium Pengelolaan Gua dan Karst Nasional Brasil, Carlsbad, New Mexico, 4-8 November 2013.

Amalia, W., Samekto, A., & Prihatin, ES (2016). Perlindungan hukum kawasan karst terhadap kegiatan penambangan dalam kaitannya dengan pengelolaan lingkungan (studi kasus penambangan batu kapur di kawasan karst Gombong Selatan, Kebumen, Jawa Tengah). Reformasi Hukum, 12(1), 132-144

Drew D dan Hotzl H (1999) Hidrogeologi Karst dan Aktivitas Manusia. (Rotterdam: AA Balkema).

Ford, & Williams. (2013). Hidrogeologi dan Geomorfologi Karst. John Wiley & Sons Ltd, Atrium, Gerbang Selatan, Chichester, West Sussex PO19 8SQ, Inggris.

Matius, P., Rahmadi, D., Setiawan, D., & Mt, D. (2016). Pedoman Praktis Survei Terpadu Kawasan Karst.

Nurkholis A Adji TN Haryono E Cahyadi A dan Agniy RF 2017 Variasi spasial dan temporal karakteristik aliran terhadap karakterisasi akuifer Sistem Karst Pindul, Kabupaten Gunungkidul Proc. Konferensi Tahunan ke-2 Perhimpunan Ahli Air Tanah (PIT-PAAI), 13–15 September 2017, Yogyakarta.

Sarwanto, Doso dan Hadi, Caribu. (2015). Keanekaragaman dan produktivitas hijauan pakan ternak asli bekas tambang batugamping di pegunungan karst Gombong Selatan, Jawa Tengah Indonesia . Produksi hewan, 17 (2), 69-75.

Trudgill S (1985) Geomorfologi Batugamping (Hongkong: Longma).

Uca, U., & Angriani, R. (2018). Pemetaan Kawasan Karst Gua Kalibbong Aloa Pangkep. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 92-101. Alam, 7(2), 92-101.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v21i2.415

Article Metrics

Abstract view : 330 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riko Maiyudi, Harizona Aulia Rahman, Fadel Muhammad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367