INTEGRASI METODE BALANCED SCORECARD DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK MENGUKUR KINERJA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS KRISNADWIPAYANA

Ismail Kurnia, Mutoharoh Mutoharoh, Prima Fithri

Abstract


Semakin banyaknya jumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia dari tahun ke tahun menuntut PTS bersaing untuk memiliki sebuah kinerja dan kualitas kerja yang baik agar Perguruan Tinggi Swasta tersebut dapat bertahan dan selalu memiliki mahasiswa. Tidak terkecuali untuk Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) juga bersaing dengan PTS lainnya yang ada di Jakarta untuk tetap bertahan dan memiliki kualitas yang baik. Untuk itu Unkris diharuskan dapat beradaptasi, berkembang dan melakukan perbaikan melalui pembelajaran organisasi. Sehingga Unkris perlu merancang strategi peningkatan kinerja yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode Anaytic Hierarchy Process (AHP) dan Balance Scored Card (BSC). Berdasarkan hasil kuesioner, didapatkan 23 sasaran strategis, yang kemudian dirumuskan indikator kinerja (KPI) dari masing-masing sasaran strategis tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan metode Analytical Hirarchy Process (AHP) sasaran strategis yang menjadi prioritas dengan bobot paling besar, yaitu meningkatkan penerimaan fakultas dengan bobot akhir 10%. Prioritas berikutnya adalah meningkatkan jumlah dosen berpendidikan S2 dan S3 dengan jumlah bobot akhir 9%, meningkatkan alokasi dana operasional yang ditujukan untuk kegiatan Tridarma dengan bobot 8 %, kemudian untuk meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa dengan bobot 7%, lalu meningkatkan realisasi anggaran, dan meningkatkan IPK lulusan serta meningkatkan dukungan teknologi informasi dalam PBM dengan bobot yang didapatkan masing-masing 6%. Penetapan target dan inisiatif stretegis menjadi langkah berikutnya, dimana target setiap sasaran strategis dirumuskan untuk 3 tahun mendatang berdasarkan kondisi pada saat sekarang.

Keywords


Kinerja Perguruan Tinggi, FT-Universitas Krisnadwipayana, Analytical Hierarchy Process (AHP) & Balance Scorecard (BSC)

References


Abadi, S., Widyarto, S. 2018. The Designing Criteria and Sub-Criteria of University Balance Scorecard Using Analytical Hierarchy Process Method. International Journal of Engineering and Technology(UAE) DOI:10.14419/ijet.v7i2.29.14260.

Bakhtiar, I. 2005. Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Pendekatan Metode Balanced scorecard Pada AJB Bumiputera 1912. Tesis Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Jakarta.

Harvey, Don & Robert Bruce Bowin. 2006. Human Resousce Management : An Experiental Approach. New Jersey : Prentice Hall. Kaplan, Robert S, Norton, David P (2000), Balanced scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mulyadi.2005. Sistem Manajemen Strategik Berbasis Balanced scorecard. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Palcic & Lalic, 2009. Analytical Hierarchy Process As A Tool For Selecting And Evaluating Projects. International Journal Simulation Model Vol 8 No(1), 16-26 .

Singgih, dkk. 2001. Pengukuran Dan Analisa Kinerja di PT "X" Dengan Metode Balanced scorecard. http://puslit.petra.ac.id/journals/industrial ).[27 Februari 2016].

Saaty, Thomas-L. l993. Analitik Pengambilan Keputuan Bagi para pemimpin, proses Hirarki untuk Pengambilan Keputusan dalam situasi Kompleks, seri Manajemen No. 134. Jakarta : Pustaka Binaman pressindo.

Zagloel, T.Y.M. dan Nurcahyo, R. 2013. Total Quality Manajemen: Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri. PT. Indeks. Jakarta. Hal 82-83.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v21i2.390

Article Metrics

Abstract view : 384 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 175 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ismail Kurnia, Mutoharoh Mutoharoh, Prima Fithri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367