ANALISA KINERJA QUERY STORED PROCEDURE PADA DATABASE MANAGEMENT SYSTEM (DBMS) MYSQL

Indra Warman, Wildani Wildani

Abstract


Penggunaan query pada database dengan jumlah record data transaksi yang besar tentunya membutuhkan  akses sumber daya DBMS (Database management System), pada database MySQL, query yang digunakan untuk jumlah record data ribuan tentunya akan mempengaruhi kinerja database, eksekusi SQL query dengan jumlah record yang sangat banyak akan memerlukan waktu yang lama dan mempengaruhi waktu proses pengolahan data. Penggunaan perintah SQL stored procedure dapat mengoptimalkan penggunaan query terutama untuk melakukan perintah yang sering digunakan  dalam manipulasi data, sehingga akan mempercepat proses, stored procedure merupakan kumpulan pernyataan Query yang disimpan pada database, untuk itu perlu dilakukan pengujian kinerja waktu eksekusi query. Penelitian ini bertujuan memberikan analisis kinerja query stored procedure pada Relational Database Management System (RDBMS) MySQL. Pada penelitian dilakukan pengujian kinerja query stored procedure dengan jumlah record data dari 50 sampai dengan 25000. Query stored procedure yang diuji menggunakan perintah SQL (Create, Select, Update, Delete) dengan kasus database transaksi belanja online. Hasil rekapitulasi pengujian kinerja query stored procedure pada MySQL menunjukkan pada pengujian query stored procedure select dan delete waktu eksekusinya berbanding lurus dengan jumlah record datanya. Sedangkan pengujian query stored procedure create dan update terjadi peningkatan waktu eksekusi yang cukup signifikan terutama pengujian dengan jumlah 25000 record data.

Keywords


SQL Query, Stored Procedure, MySQL, Kinerja, RDBMS

References


Dudu, A. et al. ‘Pengukuran Kinerja Stored Procedure Pada Database Relasional ’,Jurnal Siliwangi Sains Teknologi, 5(2), 2019, pp. 51–55.

Hastono, T. ‘Optimasi Query Sistem Informasi Menggunakan Stored Procedure’, Jurnal Dinamika Informatika , 8(2), 2019a, pp. 79–89.

Hastono, T. ‘Query pada Sistem Informasi Keuangan SD Muhhamadiyah Sidoarum Berbasis Client-Server’, 2019b, pp. 35–39.

https://db-engines.com The DB-Engines Ranking ranks database management systems according to their popularity. The ranking is updated monthly., https://db-engines.com. Available at: https://db-engines.com/en/ranking, 2020.

Kadir, A. Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relasional (Edisi Revisi). Penerbit Andi, 2020

Muliyantoro, H. S. (2013) ‘Penerapan Metode Load-Balancing Clusters Pada Database Server Guna Peningkatan Kinerja Pengaksesan Data’, Jurnal Techno Nusa Mandiri, 10(1), pp. 97–108.

Solichin, A. MySQL5: Dari Pemula Hingga Mahir. Achmad Solichin. 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v21i1.366

Article Metrics

Abstract view : 966 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 553 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indra Warman, Wildani Wildani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367