PERSEPSI CITRA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN PT. BATURONA ADIMULYA MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Dwi Putri Lestari, Maulana Yusuf, Ridhah Taqwa

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk komitmen sebuah perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya terhadap masyarakat. CSR berhubungan dengan citra perusahaan dimana terlihat pada pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara optimal, sehingga target program CSR dapat tercapai. PT. Baturona Adimulya sebagai perusahaan tambang telah melaksanakan berbagai macam program CSR. Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh program CSR terhadap citra perusahaan pertambangan PT. Baturona Adimulya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat Ring I dari perusahaan. Hasil kuesioner yang diperoleh selanjutnya dilakukan uji validitas, realibilitas, dan normalitas dengan bantuan software Statistikal Package for the Social Sciences (SPSS). Analisis faktor dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh program CSR terhadap citra perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi citra perusahaan pertambangan PT. Baturona Adimulya melalui program bantuan CSR yaitu, program bantuan CSR memberikan solusi untuk membantu masyarakat (smart), perusahaan menunjukkan kinerja yang baik melalui program CSR (aloof), program bantuan CSR terorganisir dengan baik (well-organized), program bantuan CSR memberikan pengaruh baik terhadap masyarakat (wise), program CSR yang dijalankan memiliki nama baik di mata masyarakat (reputable). Program CSR yang dilakukan perusahaan memberikan pengaruh positif terhadap citra perusahaan. Persepsi masyarakat terhadap citra perusahaan melalui program CSR adalah baik dengan nilai dimensi citra tertinggi adalah character (skor rataan = 4,09).


Keywords


faktor pengaruh, Corporate Social Responsibility (CSR), citra, perusahaan pertambangan

References


Abdullah. Corporate Social Responsibility: Pencitraan dan Transparansi Dunia Industri. Seminar ASEAN, 2nd Psychology & Humanity Psychology Forum UMM, 19 – 20 Februari 2016. pp: 18-22. (2016).

Halin, H. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasaan Pelanggan Semen Baturaja Di Palembang Pada Semen Baturaja (Persero) Tbk. Jurnal Ecoment Global., 3(2): 167-182. (2018).

Harni, D., Azis, E. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan

PT. Bank Danamon Indonesia Tbk. Jurnal Wacana Ekonomi, 17(03): 010-018. (2018).

Hardiani. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Brand Image (Citra Perusahaan), Jurnal Ilmiah BONGAYA (Manajemen & Akuntansi), XIX : 50-56. (2016).

Jumiya. Analisis Implementasi Dan Hambatan Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT Baturona Adimulya. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang. (2016).

Kartikasari, N. V., Hidayat, K., dan Yulianto, E. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan Multinasional (Survei Pada Konsumen Unilever Indonesia Mengenai Program “Project Sunlight” PT Unilever Indonesia Tbk.). Jurnal Administrasi Bisnis. 43 (1): 8-16. (2017).

PT Baturona Adimulya. Laporan CSR Tahunan PT Baturona Adimulya Tahun 2015-2019. (2019).

Meilani, Y. F. C. P. Mengintegrasikan Nilai Sosial dan Finansial dari Perspektif Perusahaan. Prosiding Seminar Bisnis Magister Manajemen. (2019).

Naufalia, V. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Citra Perusahaan di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk . Jurnal Utilitas, 2 (2): 109-116. (2016).

Nurjanah, R., Mulazid, A. S. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Corporate Social Responsibility terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Muqtasid, 9(1): 40-53. (2018).

Oktavia, M., Yusuf, M., Saptawan, A. The Impact Implementation Program of Corporate Social Responsibility of PT. Kuansing Inti Makmur Toward Society Development Around Mining Area. Sriwijaya Journal of Environemnt, 3(1):37-42 (2018).

Partini. CSR dan Pemberdayaan Masyarakat (Studi Implementasi CSR-PTBA di Muara Enim, Sumatera Selatan). Jurnal Manusia dan Lingkungan, 20 (1): 84-99. (2013).

Prayogo, D,. Evaluasi Program Corporate Social Responsibility dan Community Pada Industri Tambang dan Migas. Makara, Sosial Humaniora, 15(1): 43-58. (2011).

Triana, D., Oktavianto, W. O. Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi di Provinsi Banten. Jurnal Fondasi, 1(1): 182-190. (2013)

Republik Indonesia. Undang – undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. (2007).

Yasa, I. P. A., Suciptawati, N. L. P., Susilawati, M. Implementasi Analisis Faktor Dalam Menganalisis Kepuasaan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan (Studi Kasus : LPD Sidakarya). E- Jurnal Matematika, vol. 6 (2): 152-160 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v21i1.362

Article Metrics

Abstract view : 8208 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 560 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Putri Lestari, Maulana Yusuf, Ridhah Taqwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367