PENENTUAN KEMASAN YANG REPRESENTATIF PADA KERIPIK KENTANG HOME INDUSTRI “INYAK” DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Deri Kurniadi

Abstract


Home industry “INYAK” merupakan salah satu produsen makanan ringan, yang  memproduksi keripik kentang. Ibu Fitri Madonna sebagai pemilik keripik kentang “INYAK” yang berlokasi di Piai Tanah Sirah kota Padang, dalam kegiatan usahanya menghasilkan produk keripik kentang yang dikemas dalam kemasan namun kemasan yang digunakan masih terbilang sederhana yaitu menggunakan plastik bening yang biasa dipakai oleh beberapa home industri. Penjualan keripik kentang “INYAK” masih menggunakan kemasan yang sangat sederhana. Hal ini menjadi faktor penghambat pemasaran keripik kentang. Home industry “INYAK” memiliki target penjualan sebanyak 100 kg/ minggu. Namun, data penjualan yang diperoleh dari home industry “INYAK” dalam tiga bulan terakhir yaitu sebanyak 480 kg, sementara target penjualan yang harus dicapai sebanyak 1200 kg dalam tiga bulan. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian terkait desain kemasan untuk membantu meningkatkan pemasaran keripik inyiak. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD), dalam metoda ini akan dilakukan pengukuran suara konsumen terhadap kondisi kemasan keripik kentang saat ini dan pengukuran harapan serta kebutuhan konsumen terhadap kemasan keripik kentang home industry “INYAK“. Hasil penelitian menunjukan rancangan kemasan keripik “INYAK” sudah representatif dimana  terdapat pada kemasan memenuhi suara dan harapan konsumen diantaranya fitur pada kemasan yang lengkap berisi tentang nama usaha, komposisi produk, alamat usaha dan gambar pendukung produk serta desain yang lebih ergonomis. Dengan adanya desain kemasan yang representatif ini menunjukan penigkatan produksi keripik kentang sebanyak 150 kg/ minggu.

Keywords


Kemasan, Desain, QFD

References


Abhilasha Pathak, The cognitive power of

product Packaging, IOSR Journal of Business and Management (IOSRJBM) e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-7668. Volume 16, Issue 7. Ver. II (July. 2014), PP 61- 64

Christine Suharto Cenadi, Peranan desain

kemasan dalam dunia pemasaran,

NIRMANA Vol. 2, No. 1, Januari

: 92 – 103.

Drs.Sumanto.M.A, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yogyakarta : Andi Offset, 1995.

Ervil, Riko, dkk, Buku Panduan Penulisan dan Ujian Skripsi, STTIND Padang, Padang, 2012.

Garspersz, Vincent, Total Quality Management. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006

Halim, V. and Ekawati, Y. (2014). Perencanaan Produk Olahan Wortel Menggunakan Metode Quality Function Deployment. Symbol, Vol. 1, no. 1, pp 57-67.

Iqbal, Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta, 2004.

J, Mahesh Patil. 2010. Quality Function Deployment (QFD) for Product Design. India : TIME 2010.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, Implementasi, dan Kegunaan, Edisi Kedelapan, Salemba Empat, Jakarta, 1995.

Luthfianto, S & Suwandono. 2010. “Penerapan Metode Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Produk Kain Batik Tulis Yang Berkualitas Di Desa Cibelok Kecamatan Taman

Pamungkas, Bambang dan Lina Miftahul Jannah, Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006.

Prasad, M. V. dan Chandra S. P. 2013. A Study on Implementation of Quality Function Deployment Technique in Product Design Stage. International Journal of Management Research and Review 3:6, 2966 – 2974

Santoso, Singgih, Mengolah Data Statistik Secara Profesional. PT. Alex Media Komputindo. Jakarta, 2001

Sukaria, Sinulingga. Metode Penelitian. Sumatra Utara : USU Press. 2011

Supranto, J, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, 2006..

Tatang M. Amirin, Skala Likert : Penggunaannya dan Analisis Datanya, 2010

Yamit, Zulian, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonesia, Yogyakarta, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v21i1.358

Article Metrics

Abstract view : 280 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 422 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Deri Kurniadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367