ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI INDUSTRI (STTIND) PADANG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

abdul latif, Purnomo Eka Nursyam

Abstract


Layanan di perpustakaan STTIND Padang belum memenuhi keinginan mahasiswa yang berkepentingan untuk melakukan peminjaman buku, penyerahan buku ataupun kegiatan lainnya karena pada perpustakaan tidak ada karyawan yang bertugas secara tetap. Mahasiswa yang berkepentingan ke perpustakaan menjadi terhalang karena harus mencari karyawan yang bertugas di perpustakaan serta mahasiswa harus menunggu perpustakaan buka dengan waktu yang lama. Mahasiswa yang ingin membaca ataupun belajar menjadi malas karena tempat yang tidak strategis, ruangan perpustakaan yang sempit dan panas, buku yang tidak tersusun dengan rapi dan bersih, dan buku yang diinginkan pun tidak lengkap.Dalam analisis ini penulis membuat menggunakan metode Quantity Function Deployment (QFD). Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan perpustakaan STTIND Padang masih rendah didapat dari 16 atribut dengan nilai rata-rata yaitu 1,71. Diharapkan dengan adanya analisis ini, perpustakaan STTIND Padang dapat melihat atribut apa saja yang harus dikembangkan terlebih dahulu sesuai dengan derajat kepentingan dari tiap nilai atribut dan menjadikan perpustakaan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dari hasil penelitian ini upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan STTIND Padang yakni meningkatkan kemampuan karyawan, meningkatakan jam kerja karyawan, meningkatkan keramaahan karyawan, penambahan bahan perpustakaan, pengecekan terhadap susunan bahan pustaka dirak, ruangan yang lapang, tenang, kualitas udara dan pencahayaan yang baik, layanan cleaning service, meningkatkan cara berpkaian karyawan dan membuat kartu anggota yang handal.

 

Kata kunci : Quantity Function Deployment (QFD), Perpustakaan


References


Arikunto, Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta, 2001.

Arini, Wahyu, Manajemen Kualitas, Ghalia Indonesia, Jakarta, 2003.

Cohen, L, Quality Function Deployment, How To Make QFD Work For You.Singapore, AddisonWesleypub-lishing Company, 1995.

Fajrin, Fibrinda, Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta Menggunakan Metode Serqual Gap. Surakarta, Teknik Industri UMS, 2006.

Gaspersz, Vincent,Total Quality Managemen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001.

Groover, Mikell P, Automation, Production System, and Computer-Integrated Manufacturing, Edisi Kedua, Prentice-Hall International, New Jersey, 2005.

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerit Universitas Diponegoro, 2001.

H. S. Lasa, Manajemen Perpustakaan, Gama Media, Yogyakarta, 2005.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasidan Kontrol, PT. Prenhallindo, Jakarta, 1998.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Rikena Cipta, Jakarta, 2004.

Nasution, M.N, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Ghalia Indonesia, Jakarta, 2001.

Qalyubi, Syihabuddin dkk, Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informa, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2007.

Ratiminto dan Atik Winarsih, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2005.

Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Cetakan Ketiga, Rineka Cipta, Jakarta, 2006

Sutarno, Perpustakaan dan Masyarakat, IKAPI, Jakarta, 2006.

Supranto. J, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta, 1997.

Sugiyono, Perilaku Pembelian Komsumen dan Komunikasi Pemasaran, Rosda, Bandung, 2001.

Soeasminah, Perpustakaan Kepustakaan dan Pustakawan, Gama Media Yogyakarta, 1998.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v17i2.32

Article Metrics

Abstract view : 252 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 403 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 abdul latif, Purnomo Eka Nursyam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367