ANALISIS PERGERAKAN TANAH KECAMATAN PADANG SELATAN DENGAN METODE SISTEM INFORMASI GEOSPASIAL (SIG)

Tri Gamela Saldy, Rizto Salia Zakri

Abstract


Kecamatan Padang Selatan merupakan daerah yang memiliki wilayah berupa dataran hingga daerah perbukitan. Berdasarkan sejarah yang ada, kawasan ini pernah mengalami longsor yang menimbulkan kerugian harta benda dan korban jiwa warga di lokasi tersebut. Sebagai kawasan wisata dan kawasan pemukiman yang cukup padat penduduknya, mengetahui daerah rawan pergerakan tanah merupakan suatu keharusan, agar masyarakat memahami potensi pergerakan tanah yang ada di  lokasi tempat tinggal mereka. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan petunjuk kepada masyarakat dan pemerintah potensi bahaya pergerakan tanah di daerah tempat tinggal mereka. Penelitian ini menggunakan Sistem Informasi Geospasial untuk menghasilkan peta kerentanan pergerakan tanah di daerah penelitian. Sistem informasi geospasial merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk memetakan tanah kondisi kerentanan di daerah penelitian. Berdasarkan model pergerakan tanah yang dikembangkan oleh Puslittanak pada Tahun 2004, dibutuhkan setidaknya 6 peta pendukung untuk menghasilkan peta pergerakan tanah di sekitar wilayah penelitian yaitu, peta geologi regional, peta curah hujan, peta geomorfologi, peta jenis tanah, dan peta jenis batuan. Enam peta tersebut kemudian digabungkan menjadi satu untuk menghasilkan peta kerentanan tanah di lokasi penelitian. Hasil penelitian, wilayah Kecamatan Padang Selatan termasuk dalam wilayah dengan potensi kerentanan pegerakan tanah rendah -sangat tinggi. Kawasan yang termasuk dalam kawasan dengan potensi rendah berada pada daerah yang memiliki kontur cukup rata, sementara daerah berkontur curam seperti sekitaran gunung padang, memiliki kerentanan sedang-sangat tinggi.

Keywords


Sistem Informasi Geospatial, Padang Selatan, Pergerakan tanah, Topografi

References


Alivia Desi Anita Kusuma Ningtyas, dkk. Analisa Tingkat Pergerakan Tanah Di Areal Tambang Terbuka Ditinjau Dari Survey Terestris dan Data Geologi, Teknik Geomatika, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. 2013. http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-30004-3509100045- Paper.pdf. (08/02/2020).

Ardi Chandra Yunianto. Skripsi Analisis Kerawanan Tanah Longsor Dengan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (Sig) Dan Penginderaan Jauh Di Kabupaten Bogor, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor. 2011. https://anzdoc.com/queue/analisis-kerawanan-tanah-longsor dengan-aplikasi-sisteminfo.html, (20/02/2020).

Arif Irwandy. Geoteknik Tambang (Mewujudkan Produksi Tambang yang Berkelanjutan dengan Menjaga Kestabilan Lereng, PT. Gramedia Pustaka Utama (Anggota IKAPI), Jakarta. 2016.

Badan Standarisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia (SNI). Penyusunan Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah, https://kupdf.net/download/sni- penyusunan-petazona-kerentanan-gerakantanah_58e268d7dc0d60f40c897108_pdf. (20/02/2020). 2005.

Dinas Geologi Sumberdaya Mineral. Dokumen Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemprov Sumatera Barat. Padang. 2015.

Hary Christady Hardiyatmo. Mekanika Tanah 1 Edisi V, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. 2010.

Hary Christady Hardiyatmo. Penanganan Tanah Longsor dan Erosi, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. 2006.

Ike Bermana. Klasifikasi Geomorfologi Untuk Pemetaan Geologi Yang Telah Dibakukan, Jurusan Geologi, FMIPA, Universitas Padjadjaran, Bandung. http://jurnal.unpad.ac.id/bsc/article/view/8125. (01/02/2020). 2006.

Mahdi Yono. Analisis Gerakan Tanah Dengan Menggunakan Metode Sistem Informasi Geografis (Sig) Di Daerah Iup Pt. Bintang Sumatera Pacific, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Sekolah Tinggi Teknologi Insdustri. Padang. 2019.

Maiyudi, R., Anaperta, Y. M., Ramadhan, F. R., Saldy, T. G., Rahman, H. A., & Zakri, R. S. PKM Pelatihan Mitigasi Bencana Alam bagi Siswa SMAN 3 Solok. Bina Tambang, 4(3), 385-394. 2019.

Riki Rahmad, Suib dan Ali Nurman. Aplikasi SIG Untuk Pemetaan Tingkat Ancaman di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Medan. 2018. https://www.researchgate.net/publication/325318418_Aplikasi_SIG_Untuk_Pemetaan _Tingkat_Ancaman_Longsor_Di_Kecamatan_Sibolangit_Kabupaten_Deli_Serdang_S umatera_Utara/download. (08/02/2018).

Saldy, T. G., Maiyudi, R., Anaperta, Y. M., Rahman, H. A., & Zakri, R. S. PKM Sosialisasi Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana Alam di SMA N 2 Kota Solok. Bina Tambang, 5(3), 78-87. 2020.

Silvianengsih, Liliwarti, dan Satwarnirat. Pengaruh Kadar Air Terhadap Kestabilan Lereng (Kampus Politeknik Negeri Padang). Rekayasa Sipil, Politeknik Negeri Padang. Padang. 2015. https://www.scribd.com/document/385574687/pengaruh-kadar-airterhadap-kestabilan-l-pdf. 08/02/2020.

Yogi Saktyan Respati, dkk. Analisis GIS Terhadap Gerakan Tanah di Girimulyo, Kulonprogo, D.I. Yogyakarta, dan Kajian Faktor – Faktor Pengontrolnya. Geological Engineering Department. Gadjah Mada University. Yogyakarta. . 2010. http://hmtg.ft.ugm.ac.id/web/wp-content/uploads/Analisis-GIS-Terhadap-GerakanTanah-di Girimulyo.pdf, 08/02/2020.

Zakri, R. S., Prengki, I., & Saldy, T. G. Hubungan Kuat Tekan Uniaksial dan Kuat Tarik Tidak Langsung Pada Batuan Sedimen Dengan Nilai Kuat Tekan Rendah. Bina Tambang, 5(3), 59-70. 2020.

Zakri, R. S., Prengki, I., & Saldy, T. G. Relationship between Uniaxial Compressive Strength and Indirect Tensile Strength on Sedimentary Rocks with Low Compressive Strength.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v20i2.308

Article Metrics

Abstract view : 596 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 614 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tri Gamela Saldy, Rizto Salia Zakri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367