PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PERSEDIAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING

Riko Ervil, Rahul Mahendra

Abstract


PT. Cahaya Murni Andalas Permai merupakan sebuah industri yang bergerak di bidang furniture, dengan permintaan lebih besar dari produksi. Permasalahan antara lain persedian bahan baku yang ada di gudang kadang tidak mencukupi kebutuhan produksi dan tidak ada jadwal pembelian bahan baku. Semua kegiatan perencanaan kebutuhan bahan baku pada PT. Cahaya Murni Andalas Permai harus ditentukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, untuk itu ditentukan perencanaan dan pengendalian bahan baku dengan menggunakan metode Material Requirement Planning (MRP). Tahapan MRP yang dilakukan antara lain : pembuatan Bill Of Material, pembuatan struktur produk, peramalan ( metode siklis dan linier ), Master Production Schedule (MPS), membuat kebutuhan bahan baku dengan menggunakan Lor For Lot. Perencanaan bahan baku yang dibutuhkan peramalan penjualan bulan berikutnya denggan menggunakan metode linier dengan nilai SEE terkecil 96,003. Hasil dan kesimpulan dengan menggunakan metode Material Requirement Planning (MRP) ini adalah jumlah permintaan meningkat dari tahun 2018 sebesar 20.930 unit  dan pada tahun 2019 sebesar 21654 unit, maka dibutuhkan metode MRP ini untuk merencanakan berapa kebutuhan bahan baku untuk 12 periode kedepannya dengan nilai tiap bulanya dapat ditentukan.


Keywords


Bill Of Material, Peramalan, Material Requirement Planning dan Master Production Shedule

References


Assauri, S. Manajemen Produksi dan Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta. 2008

Ervil Riko, Arbi Yaumal, Murad, Ernita Tri, Wedyawati Veni .Buku Panduan Penulisan Dan Ujian Skripsi, STTIND Padang. 2019.

Ervil Riko, Numayuni Dela.Penjadwalan Produksi Dengan Metode Campbell Dudek Smith (CDS) Untuk Meminimumkan Total Waktu Produksi,Jurnal Saints dan TeknologiSTTIND Padang. 18 (2), 45-49, 2018.

Ervil Riko, Rosalina Mela.Estimasi Permintaan Air Minum Dalam Kemasan AYIA CUP 240 ML, Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan 2 (2), 67-73,2019

Fajar Rahmad. Penerapan Material Requriment Palnning Dalam Perencanaan Persedian Bahan Baku Produk Botol Dk 8211 B. Universitas Negri Surabaya. Jurnal Volume 3 Nomor 1 Tahun 2016.

Irawan Ade, Syaichu Achmad. Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Material Requirement Palnning Pad Apt Semen Indonesia (Persero), Tbk.Program Teknik Industri. Journal Knowledge Industrial Engineering Volume 4 Nomor 1 Tahun 2017.

Idris Iswandi. Analisis Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Dengan Menggunakan Material Requirements Planning. Program Teknik Industri, Politeknik Lp31 Medan. Jurnal Teknovasi Volume 02 Nomor 1 Tahun 2015.

Sulistiyowati Wiwik, Sungkono Adi. Perencanaan Dan Pengendalian Bahan Baku Untuk Meningkatkan Efesiensi Produksi Dengan Metode Material Requirement Palnning Dan Analytical Hierarchy Process Di Pt. Xyz.Program Studi Teknik Industri, Unuversitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurlan Industri Volume 14 Nomor 1 Tahun 2016.

Syaichu Achmad, Wahyuni Asvin. Perencanaan Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Requrment Planning Produk Kacang Shanghai Pada Perusahaan Gangsar.Program Tenik Industri. Jurnal Spectrum Industri Volume 13 No 2 Tahun 2015.

Handoko, T. Dasar – Dasar Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Pertama, BPFE : Yogyakarta.2004.

Nasution, Arman Hakim. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Guna Widya. Surabaya. 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v20i1.245

Article Metrics

Abstract view : 811 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Riko Ervil, Rahul Mahendra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367