APLIKASI ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM MEMILIH PEMASOK PADA KSU POM HUMBANG COOPERATIVE

Josua Boyke William Jawak, Christoper Janwar Saputra Sinaga

Abstract


KSU POM Humbang Cooperative merupakan produsen kopi dengan merk Sumatera Lintong Coffee. Kopi diproduksi menjadi 3 varian produk yaitu Sumatera Lintong Coffee Grade 1, Sumatera Lintong Coffee Grade 2 dan Sumatera Lintong Luwak Coffee, dimana Sumatera Lintong Grade 1 dan Sumatera Lintong Luwak Coffee adalah varian yang lebih bernilai dan lebih diminati. Namun karena ketidaksesuaian antara spesifikasi pasokan kopi dengan yang ditetapkan, produk Sumatera Lintong Coffee Grade 2 menjadi terlau banyak diproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria dan sub kriteria pemilihan yang paling penting dalam menentukan pemasok biji kopi yang paling potensial. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP), sedangkan untuk mengidentifikasi kriteria dan sub kriteria dilakukan wawancara dan diskusi dengan pihak koperasi. Berdasarkan analisis, didapatkan kriteria yang paling penting dari pemilihan pemasok gabah kopi adalah kualitas dengan bobot 0,6223, sub kriteria yang paling penting adalah kesesuaian gabah dengan spesifikasi dengan bobot 0,5030 dan pemasok gabah kopi yang paling potensial adalah Gani Silaban dengan bobot 0,2194. Kriteria yang paling penting dari pemilihan pemasok greenbean kopi adalah kualitas dengan bobot 0,54, sub kriteria yang paling penting adalah kesesuaian greenbean dengan spesifikasi dengan bobot 0,4381 dan pemasok greenbean kopi yang paling potensial adalah Toke MS.

References


Firdaus , M., & M.A, F. (2008). Aplikasi Metode Kuantitatif Terpilih Untuk Manajemen dan Bisnis. Bogor: IPB Press.

Heizer, J., & Render, B. (2001). Operations Management. Jakarta: Salemba Empat.

Permadi, B. (1992). AHP. Jakarta: PAU-EK-UI.

Poirier, C. C. (2004). Using Models to Improve Supply Chain. New York: St. Lucie Press.

Pujawan, I. (2005). Supply Chain Management. Surabaya: Guna Widya.

Saaty, T. (1991). Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Saaty, T., & Vargas, L. (2012). Models, Methods. Concepts & Applications of The Analytic Hierarchy Process. New York: Springer.

Saputra, T. (2018). Penentuan Kriteria dalam Pemilihan Supplier Bahan Kain pada Industri Textile dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Setyani, S. (2018). Evaluasi Nilai Cacat dan Cita Rasa Kopi Robusta (Coffea canephora L.) yang Diproduksi IKM Kopi di Kabupaten Tanggamus. Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertani, 103-114.

Shah, K., & Gorty, V. (2011). Technology System and Management. Mumbai: Springer.

Towaha, J., & Rubiyo. (2016). Mutu Fisik Biji dan Citarasa Kopi Arabika Hasil Fermentasi Mikrob Pribiotik Asal Pencernaan Luwak. J. TIDP, 61-70.

Tunggal, A. (2009). Supply Chain Management (Manajemen Rantai Pasokan). Jakarta: Harvarindo.

Viarani, S., & Zadry, H. (2015). Analisis Pemilihan Pemasok dengan Metode Analytical Hierarchy Process di Proyek Indarung VI PT Semen Padang. Jurnal Laporan Kerja Praktek, 50-70.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v19i2.207

Article Metrics

Abstract view : 297 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Josua Boyke William Jawak, Christoper Janwar Saputra Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367