ANALISIS TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE (TPM) MENGGUNAKAN OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VI OPHIR

abdul latief

Abstract


PT. Perkebunan Nusantara VI Unit Usaha Ophir Pasaman Barat merupakan salah satu dari enam belas unit usaha yang ada di bawah pengolahan manajemen PT. Perkebuan Nusantara VI Unit Usaha Ophir Pasaman Barat yang bergerak di bidang pengolahan buah kelapa sawit, Pada perusahaan ini masih terdapat kerusakan pada komponen-komponen mesin dan berkurangnya jumlah produksi minyak kelapa sawit, dengan banyaknya kerusakan dan kerugian perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan, salah satu mesin yang digunakan adalah mesin Screw Press. Mesin yang beroperasi secara terus menerus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya nilai OEE untuk mesin Screw Press, dan setelah mengetahui nilai OEE maka setelah itu dilakukan pembandingan dengan nilai OEE dunia atau standard world class OEE demi meningkatkan performansi mesin. Overall Equipment Effectiveness(OEE) adalah metode sistematis untuk melakukan pengukuran tingkat efektivitas proses suatu mesin atau peralatan. Secara umum, besar kecilnya nilai OEE dipengaruhi oleh enam faktor yang biasa disebut dengan Six Big Losses. Penggunaan perhitungan nilai OEE mampu mengetahui besarnya nilai OEE dan faktor dominan yang menyebabkan rendahnya performansi suatu mesin atau peralatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi tingkat efektifitas mesin adalah avaibility rate dengan persentase rata-rata dari bulan Januari-Desember 2016 sebesar 97.948% - 98.837%, 6.315% - 8.282%, performance rate 85,42%, serta rate of quality product 99,15%. Nilai OEE pada mesin Screw Press sebesar 61.742% - 81.75%.

Keywords


Efektivitas, Mesin Screw Press, Total productive maintenace (TPM), Overall equipment effectiveness (OEE).

References


Ansori, Nachrul dan Mustajib, M Imron. Sistem Perawatan Mesin Terpadu (Integrated Manajemen Sistem).Graha ilmu.Yogyakarta.2013.

Abdul Wahid, Rahmad Agung. Perhitungan Total Produktifitas Maintenance (TPM) Pada Mesin Bobin Dengan Pendekatan Overall Equipment Effectivenes (OEE) Di Pt. Xy. Jurnal Nasional, 2016.

Afif, Fahmi. Implementasi Total Productive Maintenance Sebagai Penunjang Produktivitas Dengan Pengukuran Overall Equipment Effectiveness Pada Mesin Rotary Kth-8(Studi Kasus PT.Indonesian Tobacco). Jurnal Nasional, 2013.

Agustinus, Eko Susetyo. Analisis Overall Equipment Effectivenes (OEE) Untuk Menentukan Efektifitas Mesin Sonna Web. Jurnal Nasional, 2017.

Corder. Implementasi Total Productive Maintenance Sebagai Penunjang Produktivitas Dengan Pengukuran Overall Equipment Effectiveness Pada Mesin Rotary Kth-8. Jurnal:Universitas Brawijaya. 1996.

Daryanto. Model pembelajaran inovatif. Gava media. Yogyakarta. 2012.

Erni Krisnaningsih. Usulan Penerapan TPM Dalam Rangka Peningkatan Efektifitas Mesin Dengan OEE Sebagai Alat Ukur Di Pt Xyz. Jurnal Nasional, 2015.

Ervil Riko, Tri Ernita, Nofriadiman, Meldia Fitri.Buku Panduan Penulisan dan Ujian Skripsi. STTIND Padang. Padang. 2013.

Handoko, t. Hani. Dasar-dasar manajemen produksi dan operasi. Yogyakarta. 2011.

J. Revianto. Produktivitas dan manajemen. Ugm press. Yogyakarta. 1985.

Kurnia , Fajar. Manajemen Perawatan Industri . Yogyakarta: Graha Ilmu 2013

Nakajima, s. Introduction to TPM total productive maintenance. Cambridge: productivity press. 1998.

Nazir, moh. Manajemen penelitian social. Bandung. 2009.

Rahmad, Pratikto, Slamet, Wahyudi. Penerapan Overall Equipment Effectiveness (OEE) Dalam Implementasi Total Productive Maintenance (TPM) (Studi Kasus di Pabrik Gula PT. “Y”.). jurnal Nasional, 2012.

Sinungan. Produktivitas apa dan bagaimana. Bumi aksara. Bandung, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v19i2.204

Article Metrics

Abstract view : 1409 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 648 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 abdul latief

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367