SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA LAUNDRY BERBASIS SMS GATEWAY

Reti Handayani, Fauziah Nur

Abstract


Perancangan Sistem Informasi Pelayanan jasa pada KIA Laundry bertujuan untuk merancang program informasi yang digunakan untuk memberikan kemudahan dalam proses administrasi terutama dalam Penerimaan serta pemberitahuan jika laundry sudah selesai dikerjakan, serta untuk membagikan informasi paket yang ada pada laundry dengan memakai sistem SMS Gateway merupakan salah satu komunikasi dengan teks melalui perangkat bergerak (mobile device). Model pengembangan sistem menggunakan model pengembangan Sistem Development Life Cycle SDLC, data diambil melalui teknik survey dengan menggunakan daftar pertanyaan yang berkaitan dengan pengendalian intern yang telah disiapkan, kemudian dilanjutkan dengan studi lapangan, studi kepustakaan dan analisis. Dengan adanya program aplikasi dalam penerimaan Laundry ini mampu mempermudah Pengolahan data pada bidang Administrasi / Karyawan secara cepat dan efisien dan dapat memberikan info secara cepat kepada pelangan dengan pesan teks melalui SMS gateway.

 


Keywords


Sistem Informasi, SMS gateway, SDLC

References


Afrina, M., & Ibrahim, A. (2015). Pengembangan Sistem Informasi SMS Gateway Dalam Meningkatkan Layanan Komunikasi Sekitar Akademika Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi, 7(2), 852–864.

Husnil Kamil, A. D. (2016). Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web Dengan Fitur Mobile Pada 21 Laundry Padang. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 8(November), 1–9. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/172316-ID-pembangunan-sistem-informasi-pelayanan-j.pdf

Isnawati Mulyani, Eri Satria, A. D. S. (2012). Pengembangan Short Message Service (SMS ) Gateway. Jurnal STT Garut, 09(11), 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v19i2.159

Article Metrics

Abstract view : 514 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 742 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Reti Handayani, Fauziah Nur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367