ANALISIS PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN MENGGUNAKAN CITRA SATELIT PADA HUTAN KONSERVASI DI KOTA PADANG

Azizan Azizan, Nofriya Nofriya

Abstract


Kawasan hutan konservasi memiliki peran dan fungsi yang sangat penting secara ekologis  sebagai sumber  perlindungan  plasma  nutfah  untuk keanekaragaman   hayati  dan ekosistem yang ada. Meningkatnya  populasi akan mempengaruhi  meningkatnya  perubahan lahan untuk mendukung   kebutuhan  dan kegiatan  manusia.  Mempertimbangkan  peran dan fungsi  penting  hutan  konservasi  di Padang sehingga  pengelolaannya  perlu didukung  oleh data dan informasi yang lengkap, valid dan aktual. Metode penelitian ini merupakan  metode kuantitatif,   dimana   data  citra  satelit   dianalisa   dengan  menggunakan   metode  klasifikas i terbimbing  (supervised classification) dan algoritma  klasifikasi  kemungkinan  maksimum (maximum  likelihood  classification)  yang   ada pada QGIS.  Hasil  analisis   menunjukka n selama  10 tahun (2008-2018) telah terjadi perubahan tutupan lahan hutan konservasi  di Kota Padang menjadi  8 tipe klasifikasi  tutupan lahan  yaitu  air,  jalan,  pemukiman,  hutan primer, hutan  sekunder,  sawah, lahan terbuka  dan awan.  Hasil pengkategorian  perubahan  tutupan lahan  hutan  konservasi  di Kota  Padang pada 5 tahun  pertama (2008-2013)  menunjukka n telah terjadi peningkatan laju kerusakan kawasan hutan yang ditandai dengan ketegori turun (sebanyak 2.788 piksel  atau 1,03% dari luas  kawasan). Begitu  pula  pada waktu  5 tahun  II (2013-2018), terjadi  peningkatan   laju   kerusakan  kawasan  hutan  yang   ditandai  dengan ketegori turun (sebanyak 6.287 piksel atau 2,32% dari luas kawasan). Sehingga  dalam kurun waktu  10 tahun  telah  terjadi  peningkatan  laju  kerusakan  kawasan  hutan  yang  ditandai dengan ketegori  turun (sebanyak 6.513 piksel  atau 2,40% dari luas kawasan).

Keywords


analisis, perubahan tutupan lahan, citra satelit, SIG, hutan konservasi

Full Text:

PDF

References


Arronof. 1989. Geographic Information Systems : A Management Perspective Ottawa. Dalam Puji Waluyo. 2015. Distribusi Spasial Permukaan dan Kecukupan Ruang Terbuka Hijau di Kota Semarang , Skripsi Pada Program Sarjana Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Institut Pertanian Bogor.

Asma, Nur; 2018. Analisa Perubahan Lahan Tambak Menggunakan Motede Maximum Likehood (Studi Kasus: Kota Banda Aceh), Universitas Syah Kuala, Aceh.

Badan Standardisasi Nasional, SNI 7645-1.2014. Klasifikasi Penutup Lahan - Bagian 1: Skala Kecil dan Menengah, Jakarta.

Badan Standardisasi Nasional, SNI 8033.2014. Metode Penghitungan Perubahan Tutupan Hutan Berdasarkan Hasil Penafsiran Citra Penginderaan Jauh Optik Secara Visual, Jakarta.

Irfaniadiah. 2014. Citra Landsat dan Kegunaannya. http://irfa niad ia h, worpress.com. Diakses pada tanggal 20 Mei 2019.

aya, I.N.S. 2002. Penginderaan Jauh Satelit Untuk Kehutanan Jurusan Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan IPB. Bogor.

Jhon E.Harmon. Steven J. Anderson. 2003. Design and Implementation of Geographic Information Systems. Jhon Wiley and Sons: New Jersey.

Juhadi dan Liesnoor, Dewi. 2001. Desain dan Komposisi Peta Tematik. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Lestari Wayan, dkk. 2016. Sistem Informasi Geografis (SIG) Daerah Rawan Banjir di Kota Bengkulu Menggunakan Arcview. Universitas Dehasen, Bengkulu.

Lillesand and Kiefer. 1990. Penginderaan Jauh dan Interprestasi Citra. (Alih Bahasa oleh Dulbahri). Gadjah Mada University Press,Yogyakarta.

Nita, Inopianti, dkk. 2016. Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (GIS) dan Pengeinderaan Jauh Dalam Pemetaan Penutupan Lahan di Kabupaten Banjar Negara. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. IPB. Bogor.

Nurliana Siti. 2018. Pemanfaatan Citra Penginderaan Jauh Untuk Mengenali Perubahan Penggunaan Lahan Pada Kawasan Karst Maros . Universitas Negeri Makassar (UNM).

Permanasari, Intan. 2007. Aplikasi SIG Untuk Penyusunan Basisdata Jaringan Jalan Di Kota Magelang Semarang :Program Survey dan Pemetaan Wilayah Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Richards J.A dan Jia, X, 2006. Remoten Sencing Digital Image Analysis : An Introduction (Fourth Edition). Verlag Berlin.

Soemantri, Lili. 2008. Pemanfaatan Teknik Penginderaan Jauh Untuk Mengidentifikasi Kerentanan dan Resiko Banjir, Jakarta

Tricahyono Kelik. 2016. Analisis Perubahan Penutupan Lahan Menggunakan Citra Satelit Lansat ETM7+ pada Kawasan Taman Nasional Gunung Palung di Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat. Universitas Tanjungpura Pontianak.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/jaerasi.v2i1.331

Article Metrics

Abstract view : 906 times
PDF - 387 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL AERASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.