Teknologi Tepat Guna Alat Tanam Padi Untuk Membatu Petani

Rahmat Azis Nabawi, Syahril Syahril, Salmat Salmat, Joko Suprianto, Mulianti Mulianti

Abstract


Moderasisasi alat sistem pertanian menjadi kunci dalam meningkatkan produktifitas pertanian. Proses penanaman padi yang selama ini dilakukan secara konvensional, tentu tidak optimalnya proses pertanian. Untuk itu perlunya suatu inovasi teknologi. Alat tanam padi merupakan suatu alat yang dapat membantu petani dalam proses tanam padi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun alat tanam padi untuk petani. Tahapan penelitian dilakukan dengan studi tentang permasalahan petani padi tentang proses tanam padi, perancangan, pembuatan dan uji kinerja alat. Untuk mengungkapkan kemampuan kerja alat tanam didapat dari percobahan. Dimensi sawah yang menjadi area pengujian alat tanam padi ini adalah 3 x 4 meter. Berdasarkan hasil pengujian kinerja alat, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan operasional alat tanam padi yang sudah dirancang adalah dalam satu jam dapat menanam padi seluas ± 6 ha. Alat ini dapat membantu petani dalam proses tanam padi, yang memiliki keunggulan cepat proses penanaman dan memudahkan petani dalam menanam padi.

Keywords


Padi, Petani, Teknologi Tepat Guna, Paddy Transplanted

Full Text:

PDF

References


Salokhe, V. M. and N. Ramalingam. Agricultural Mechanization in South and South-East Asia. Paper at the Plenary session of the International Conference of the Philippines. Society of Agricultural Engineers. Las Banos, Philippines. 1998.

Handaka, W. J. Proses Inovasi Teknologi Mekanisasi Pertanian di Indonesia. Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Badan Litbang Pertanian. 2012.

Lestari, N L D. dkk. Uji performance rice transplanter tipe walking model PF48 (2 ZS-4A) di desa Tanjung Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara-NTB. Jurnal Rekayasa Pertanian dan Biosistem. Vol. 5 (2) pp. 395-407. 2017.

Sahara, D. dkk. Kinerja Usaha Tani Padi dengan Mesin Transplanter dala rangka efisiensi tenaga kerja. SEPA. Vol. 10 (1) 55-62. 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/jaerasi.v1i1.326

Article Metrics

Abstract view : 846 times
PDF - 644 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL AERASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.