IbPUD KERAJINAN BERBAHAN BAKU BATUBARA DI SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT

An Sosry

Abstract


Kerajinan berbahan baku batubara di Sawahlunto merupakan kerajinan khas dan unik yang ada di kelurahan Tanah Lapang dan kelurahan Air Dingin, Kota Sawahlunto. Jenis batubara yang digunakan umumnya jenis batubara yang keras (black seal). Beberapa produk yang dihasilkan di antaranya; patung, asbak, gantungan kunci, replika rumah gadang, tropi, keris, dan replika kereta api. Walaupun memiliki berbagai keunikan, kerajinan khas Sawahlunto pada umumnya memiliki kendala klasik seperti modal usaha, pemasaran, manajemen usaha, dan dukungan IPTEKS untuk meningkatkan kuantitas, menjamin kualitas dan menjaga kontinyuitas menjadikan produk kerajinan khas Sawahlunto, Sumatera Barat mampu menembus pasar dalam negeri. Untuk kegiatan tahun pertama, memiliki tujuan tahunan yaitu meningkatkan produktivitas dan memperluas jaringan pemasaran dari mitra. Usaha Kerajinan CENDRA  LESTARI dan BARA COLLECTION di Kota Sawahlunto sebagai mitra industri kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diusulkan ini juga mengalami masalah yang mirip. Permasalahan utama yang disepakati untuk dipecahkan dalam  tiga tahun adalah: tahun pertama, penataan lay-out untuk mendukung proses produksi yang memperhatikan standar-standar kesehatan dan keselamatan kerja, penyediaan alat produksi yang lebih modern, perluasan desain produk untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen dan pembuatan website, pemasaran. Hasil atau luaran yang menjadi target kegiatan di tahun pertama adalah Penataan lay-out produksi untuk memenuhi standar kesehatan, keselamatan dan kenyamanan kerja terlaksana dengan baik, Pengadaan mesin potong multifungsi, mesin gerinda dan pahat/ ukir untuk mendukung pengembangan desain produk kerajinan berbahan baku batubara sudah selesai dilakukan, Peningkatan keterampilan SDM perajin, Pembuatan dan pemeliharaan website untuk promosi dan pemasaran on-line dalam proses pembuatan

 

Kata-kata kunci : pengrajin, unggulan daerah, kerajinan berbahan baku batubara.


References


Anonim, 2009. Monografi Kelurahan Lembah Segar.

Anonim, 2009. Monografi Kelurahan Air Dingi .

Aldinger, F. & Weberruss, V.A. 2010. Advanced Ceramics and Future Materials. Weinheim: Wiley-VCH.

BPS. (2013). Sawahlunto Dalam Angka Tahun 2013.

Biro Pusat Statistik. 2000. Pengukuran dan Analisis Ekonomi Kinerja Penyerapan Tenaga Kerja. Nilai Tambah, dan Eksport Usaha kecil Menengah serta peranannya terhadap Tenaga kerja Nasional dan Produk Domestik Bruto.Jakarta.

Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti. 2016. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi X Tahun 2016.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. 2012. Panduan Penyusunan Proposal Kegiatan Penerapan dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Daerah (IPTEKDA) LIPI XVI Tahun 2013.

Industri Indonesia. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Jafar Hafsah. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM). Infokop Nomor 25 Tahun XX.

Kuncoro, M. (2002). Analisis Spasial dan Regional: Studi Aglomerasi dan Kluster.

Kenneth N. Wexley. (1991). Developing and Training Human Resources in Organizations

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. 2012. Panduan Penyusunan Proposal Kegiatan Penerapan dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Daerah (IPTEKDA) LIPI XVI Tahun 2013.

Mardimpu sihombing, 2012. Industri Kerajinan Tangan. Tersedia pada http://mardimpusihombing.blogspot.com/2012/06/industri-kerajinan-tangan.html

Noer Soetrisno. (2002). Pengembangan UKM, Ekonomi Rakyat Dan Penanggulangan Kemiskinan. Jakarta.

Pendahuluan dan Ketentuan Umum Penelitian di Universitas Negeri Padang Tahun 2017

Permenristekdikti Nomor 13 Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2015-2019.

Ruhimat, Mamat, dkk. (2011). Sosialisasi Dan Pelatihan Pemanfaatan Biogas Skala Rumah Tangga Sebagai Sumber Energi Alternatif Ramah Lingkungan Di Kampung Parabon Desa Warnasari Kecamatan Pengalengan Kabupaten Bandung. Jurnal Abmas Tahun 11 No 11 Oktober : UPI Bandung.

Raymond A. Noe. (1994). Employee Training and Development.

Tambunan, T. 2009. Perkembangan Industri Skala Kecil Di Indonesia. Jakarta: PT.Mutiara Sumber Widya.

Permenristekdikti Nomor 13 Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2015-2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v17i1.28

Article Metrics

Abstract view : 31 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 SAINS DAN TEKNOLOGI



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Contact Person:
Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang (STTIND PADANG)
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367