ISU KONSERVASI LINGKUNGAN PADA KEGIATAN PARIWISATA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Nofriya Nofriya, Ahmad Fadhly

Abstract


Kegiatan pariwisata akan memiliki dampak terhadap lingkungan sehingga diperlukan komitmen untuk melaksanakan konservasi lingkungan yang disesuaikan dengan jenis objek wisata. Konsep pariwisata berkelanjutan merupakan salah satu komponen yang digunakan dalam peningkatan pemahaman mengenai pentingnya menjaga lingkungan dalam kegiatan wisata. Hal ini sesuai dengan regulasi yang telah dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Indikator konservasi lingkungan merupakan kegiatan menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan daerah wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kegiatan kerjasama antar pemangku kepentingan untuk menjaga kelestarian lingkungan, pelaksanaan program ekowisata, perlindungan flora dan fauna, serta dukungan finansial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, review dokumen dan observasi objek wisata. Kemudian dilakukan analisis tema dan isi, dan dilakukan triangulasi hasil wawancara mendalam, review dokumen dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan kerjasama dalam perlindungan lingkungan di sekitar lokasi wisata baru dilaksanakan oleh salah satu objek wisata dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Di daerah ini telah terdapat salah satu objek wisata yang menggunakan konsep ekowisata, dan rencana pengembangan ekowisata di situs wisata lainnya. Kebijakan perlindungan flora dan fauna telah dibuat oleh pengelola wisata. Dalam konteks dukungan finansial, pemerintah dan swasta telah mulai terlibat dalam mendukung kelestarian lingkungan. Untuk pengembangan pariwisata lebih lanjut, diperlukan kerjasama yang lebih baik antara pengelola objek wisata dengan pemerintah sebagai stakeholder terbesar untuk mendukung kesuksesan kegiatan wisata sambil mendukung pelestarian lingkungan.

Keywords


pembangunan berwawasan lingkungan, konservasi lingkungan

References


Bunruamkaew, K., & Murayama, Y. (2012). Land use and natural resources planning for sustainable ecotourism using GIS in Surat Thani, Thailand. Sustainability, 4(3), 412–429.

Hausmann, A., Slotow, R., Fraser, I., & Di Minin, E. (2017). Ecotourism marketing alternative to charismatic megafauna can also support biodiversity conservation. Animal Conservation, 20(1), 91–100.

Insani, N., A’Rachman, F. R., Ningsih, H. K., & Rachmawati, A. P. (2019). Pendampingan Masyarakat Dalam Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan: Wisata Bahari Dusun Tlocor, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 28–35.

KC, A. (2017). Ecotourism in Nepal. The Gaze: Journal of Tourism and Hospitality, 8 (1), 1–19.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan, 1 (2009).

Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 14 tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan, 1 (2016).

Kiper, T. (2013). Role of ecotourism in sustainable development. InTech.

Lee, T. H., & Hsieh, H.-P. (2016). Indicators of sustainable tourism: A case study from a Taiwan’s wetland. Ecological Indicators, 67, 779–787.

McBride, B. B., Brewer, C. A., Berkowitz, A. R., & Borrie, W. T. (2013). Environmental literacy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here? Ecosphere, 4(5), 1–20.

Narain, U., & Orfei, A. (2012). Biodiversity, nature-based tourism, and jobs. Washington DC: The World Bank.

Nyaupane, G. P., & Poudel, S. (2011). Linkages among biodiversity, livelihood, and tourism. Annals of Tourism Research, 38(4), 1344–1366.

Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 3 Tahun 2014 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Provinsi Sumatera Barat tahun 2014-2025, (2014).

Putra, T. T. (2017). Valuasi Ekonomi Wisata Air Terjun Nyarai di Kabupaten Padang Pariaman. Universitas Andalas.

Regmi, N. (2016). Rural tourism in Nepal: development and sustainability: A Case Study of Parbat District, Nepal.

Wu, W., Zhang, X., Yang, Z., Qin, W., Wang, F., & Wang, C. (2015). Ecotourism Suitability and Zoning from the Tourist Perspective: a Nature Reserve Case Study. Polish Journal of Environmental Studies, 24(6).




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v20i2.279

Article Metrics

Abstract view : 1261 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 496 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nofriya Nofriya, Ahmad Fadhly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367