ANALISIS PERANCANGAN TATA LETAK PABRIK PT. XYZ DENGAN METODE ACTIVITY RELATIONSHIP CHART (ARC)

Lintangjati Arum Suminar, Wahyudin Wahyudin, Billy Nugraha

Abstract


Perancangan tata letak pabrik merupakan hal penting untuk diperhatikan dalam meningkatkan produktivitas pada perusahaan. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi lensa kacamata khususnya kacamata fashion.  PT. XYZ terdiri dari divisi-divisi yang saling berkaitan satu sama lain dengan satu tujuan yang sama yaitu mewujudkan tujuan perusahaan. Dalam praktiknya agar produksi dapat berjalan dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah activity relationship chart (ARC). Layout perusahaan memiliki peranan penting untuk meminimalkan biaya dan mengefisiensi pengaturan segala aktivitas produksi di area kerja. Sehingga proses produksi pada perusahaan berjalan dengan lancar. Tujuan penelitian ini dilakukan analisis layout perusahaan agar tercipta sistem produksi yang lebih optimal. Perusahaan menciptakan sistem produksi agar proses produksi berjalan dengan baik dan menghasilkan profit yang maksimal. Hasil dari penelitian memberikan usulan plant layout yang tersistematis untuk proses produksi yang lebih baik. Maka penerapan metode activity relationship chart (ARC) sebagai metode usulan tata letak pabrik yang lebih baik.

Keywords


Layout, Activity Relationship Chart, Profit

References


Agustina, D., Maukar, A. L., & Dewi, D. R. Perencanaan Produksi dan Perbaikkan Tata Letak di PT. Berkat Anugrah Alam Cemerlang. Widya Teknik, 184-195. 2007

Ampuh, H. R., & Setiawan, H. Tata Letak Pabrik. Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2008

Apple, J. M. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Bandung: Institut Teknologi Bandung. 1990

Ariani, D. W. Manajemen Operasi Jasa. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2009

Haming, M., & Nurnajamuddin, M. Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa. Jakarta: Bumi Aksara. 2011

Heizer, J., & Render, B. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat. 2009.

Iskandar, N. M., & Fahin, I. S. Perancangan Tata Letak Fasilitas Ulang (Relayout) untuk Produksi Truk di Gedung Commercial Vehicle (CV) PT. Mercedes Benz Indonesia. Jurnal PASTI, 66-75. 2015.

Morena, Y., & Siska, M. Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Pabrik Pembuatan Batu Bata (Studi Kasus: Kulim, Pekanbaru). SNTIKI III, 405-413. 2011.

Muther, R. Practical Plan Layout. New York: McGraw-Hill Book Company Inc. 1955.

Pramesti, M., Subagyo, H. S., & Aprilia, A. Perencanaan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Keripik Nangka dan Usulan Keselamatan Kesehatan Kerja di UMKM Duta Fruit Chips, Kabupaten Malang. Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, 150-164. 2019.

Pratiwi, I., Muslimah, E., & Aqil, A. W. Perancangan Tata Letak Fasilitas di Industri Tahu Menggunakan Blocplan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 102-112. 2012.

Purnomo, B. H., Rusdianto, A. S., & Hamdani, M. Desain Tata Letak Fasilitas Produksi pada Pengolahan Ribbed Smoked Sheet (RSS) di Gunung Pasang Panti Kabupaten Jember. Jurnal Unej, 167-177. 2009.

Putri, R. E., & Ismanto, W. Pengaruh Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas di Area Operasional Kerja Berbasis 5S untuk Pengajuan Modal Usaha. DIMENSI, 71-89. 2019.

Tarigan, U., Simbolon, R., Sembiring, M. T., Tarigan, U. P., Sembirin, N., & Tarigan, I. R. Perancangan Ulang dari Simulasi Tata Letak Fasilitas Produksi Gripper Rubber Seal dengan Menggunakan Algoritma Corelap, Aldep, dan Flexsim. Jurnal Sistem Teknik Industri, 74-84. 2019.

Wignjosoebroto, S. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan. Surabaya: Guna Widya. 2009.

Yohanes, A. Perencanaan Ulang Tata Letak Fasilitas di Lantai Produksi Produk Teh Hijau dengan Metode From To Chart untuk Meminimumkan Material Handling di PT. Rumpun Sari Medini. Dinamika Teknik, 59-71. 2011.

Yulianti, R., Saleh, A., & Bakar, A. Usulan Perancangan Tata Letak Fasilitas Perusahaan Garmen CV. X dengan Menggunakan Metode Konvensional. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 72-83. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v20i2.276

Article Metrics

Abstract view : 6521 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1767 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lintangjati Arum Suminar, Wahyudin Wahyudin, Billy Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367