STUDI MORFOLOGI DAN GEOLOGI KAWASAN KARST DALAM PENGEMBANGAN KONSEP GEOPARK DAERAH SILOKEK, KABUPATEN SIJUNJUNG, SUMATERA BARAT

Ahmad Fadhly, Dian Hadiyansyah

Abstract


Kawasan Silokek memiliki obyek dan unsur geopark Kawasan geopark itu sendiri meliputi unsur geologi, flora fauna dan budaya lokal. Unsur-unsur tersebut semua ada di kawasan Silokek dengan geologi yang berupa tebing-tebing dan goa, hal ini teridentifikasi pada saat Geopark silokek ditetapkan menjadi kawasan Geopark Nasional pada tahun 2018, sehingga terbuka bagi penulis untuk dapat mengidentifikasi kawasan untuk pembangunan daerah dari sisi ilmu kebumian. Pola pengembangan geopark secara umum adalah tidak terlepas dari konsep konservasi dan edukasi. Salah satu kendala adalah minimnya informasi mengenai kondisi geologi dan geomorfologi daerah sekitar Silokek untuk menjadi potensi wisata dan dampak ekonomi masyarkat.  Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi variabel geologi, geomorfologi, lingkungan di Silokek, mengkaji karakteristik umum setiap variabel geologi, geomorfologi, lingkungan yang menjadi indikator kunci (key-indicator) dalam menentukan daerah potensi wisata dengan konsep geopark di Silokek. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari beberapa tahapan meliputi pengumpulan data sekunder berupa geologi regional dan peta kawasan geopark, pengumpulan data primer berupa data kegiatan lapangan, analisis laboratorium untuk mengolah data lapangan dan data geomorfologi. Hasil yang didapat berupa pola pengembangan wilayah berbasis geopark yang telah teridentifikasi dari data geologi dan geomorfologi kawasan.

Keywords


Geopark, Konservasi, Penataan Wilayah, Geologi dan Geomorfologi

References


Ahman Sya, M. Geologi Pariwisata. Bandung: Universitas BSI Press. 2012.

Barber, A.J., Crow, M.J., dan Milson, J.S. (eds). Sumatera : Geology, Resources and Tektonic Evolution, Geological Society, Memoir, 31. 2005.

Bemmbelen, R.W. van. The geology of Indonesia. Martinus-Nijhoff, The Hague. , 1970.

Dowling, R., & Newsome, D. Chapter 1. Geotourism: A global activity. Global Geotourism Perspectives. Goodfellow London. 2010.

Fadhly, Ahmad. 2019. Geowisata Sumatera Barat, Dinas Pariwisata Sumatera Barat. 2019.

Oktariadi, oki. Warisan Geologi Ranah Minang. Sumatera Barat. 2016.

Irzon, R., Sendjaja, P., Kurnia, Imtihanah & Soebandrio, J. Kandungan Rare Earth Elements dalam Tailing Tambang Timah di Pulau Singkep. Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral Vol 15 (3) : 143-151. 2014.

Irzon, R. Genesis Granit Muncung dari Pulau Lingga Berdasarkan Data Geokimia dan Mikroskopis. Jurnal Geologi dan Sumberdaya Mineral Vol 16 (3) :141-149. 2015.

Pulunggono, A., The changing pattern of ideas on Sundaland within the last hundred years and its implication to oil exploration. In : Indonesia Petroleum Association, Proceeding of the 15th Annual Convention, Jakarta, 1986 I. 187-214. 1985.

Rosana, Mega F & Prodjosumarto P, Pengantar praktikum Mineral Optik, UNPAD, Tidak diterbitkan. 1998.

Rosidi, H.M.D., Tjokrosapoetro, S., Pendowo, B., Gafoer, S., dan Suharsono: Peta Geologi Lembar Painan dan Bagian Timur Lembar Muarasiberut, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung. 1996.

Setia G.Doddy. Mineral dan batuan, NOVA Bandung. 1987.

Silitonga, P. H. dan Kartowo. Peta Geologi Lembar Solok, Sumatra. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi. 1975.

Simangunsong, H., Ernowo, Oktaviani, P., Kisman., Sunuhadi, D.W. The Development of GIS for Mineral Potensial Mapping in The Eastern Indonesia. Pusat Sumber Daya Geologi. Bandung. 2012.

Suprapto, JS. Geokimia Endapan Sungai Aktif Prospek Mineralisasi Logam Daerah Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Fakultas Teknik Geologi, Universitas Padjadjaran. Bandung. 2013.

Zuidam, R.A. & Zuidam Cancelado, F.I. Terrain Analysis and Classification Using Areal Photographs, A Geomorphologycal Approach, Netherland, Enschede: ITC. 1985.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v20i2.275

Article Metrics

Abstract view : 1064 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 994 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Fadhly, Dian Hadiyansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367