PERANCANGAN MESIN PEMBERSIH USUS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DI UKM KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG

Firman Ardiansyah Ekoanindiyo, Antoni Yohanes, Rieska Ernawati

Abstract


Banyaknya permintaan usus ayam, menjadikan UKM ayam potong untuk memenuhi permintaan tersebut. Permasalahan yang timbul ketika proses pembersihan usus ayam masih menggunakan tangan/manual dan sering kali usus terpelintir pada saat pembersihan sehingga menyebabkan kecacatan usus. Akibat kejadian tersebut, proses pembersihan usus akan terganggu. Waktu yang digunakan untuk pembersihan usus ayam satu kilogram adalah enam puluh menit. Berdasarkan permasalahan pada UKM kecamatan Bandar Kabupaten Batang, diperlukan penelitian yang bertujuan untuk merancang mesin pembersih usus ayam dengan memperhatikan aspek ergonomi agar dapat meningkatkan produktifitas pekerja. Dengan mesin semi otomastis ini diharapkan dapat membantu UKM pemotong ayam meningkatkan produktifitasnya Dengan adanya mesin semi otomatis ini proses pembersihan usus setiap satu kilogram yang memerlukan waktu enam puluh menit, dengan adanya mesin semi otomatis proses pembersihan usus setiap satu kilogram menjadi tiga puluh menit. Dalam perancangan ini memperhatikan aspek ahthropometri tenaga kerja serta persentil.

Keywords


peracangan mesin semi otomatis, produktifitas, anthtropometri dan ergonomi

References


Agung Kristanto, Tri Sugiantoro, 2012. Perancangan Ulang Mesin Amplas Kayu Profil Lengkung Untuk Perbaikan Posisi Kerja dan Peningkatan Produktifitas, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol. 11, No. 2, Des 2012 , pp.(125-135).

Annisa Aulia Sufina Hardima, Lina Dianati Fathimahhayati, Farida Djumiati Sitania, Analisis Postur Kerja Dan Redesign Peralatan Kerja Untuk Mengurangi Risiko Musculoskeletel Disorders Pada Pekerja Pelubangan Plastik Tempe, IEJST (Industrial Engineering Journal of The University of Sarjanawiyata Tamansiswa) Vol. 2 No.1, Juni 2018.

Arda Lonita, Taqori, Peracangan Mesin Pembersih Usus Ayam Semi Otomatis Dengan Menggunakan Metode REBA (Rapid Entire Body Assessment) Untuk Mengurangi Kecatatan Pada Produk, Skripsi, UNISBANK Semarang, 2018.

Desi Natalia, 2016. Perancangan Mesin Pemootng Singkong Untuk Meningkatkan Produktifitas Pembuatan Keripik, Jurnal Teknik Mesin UBL, Vol 4 No. 1 2016 : 9 - 12

Hardianto Iridiastadi, Ir. MSIE, Ph.D. Yassierli, Ph.D, 2015, Ergonomi. Buku. http://lestachi.blogspot.co.id/2013/04/perencanaan-dan-perancangan-produk.html Diakses tanggal 27 Januari 2018.

Hasyim Asy’ari, Jatmiko Jatmiko, 2015, Halibona.Djaka. 2013.Identifikasi Resiko Ergonomi Dengan Metode Qec, Nordic Body Map Dan Reba. Unversitas Bina Darma. Palembang

Imam Djati Widodo, 2003, Perencanaan dan Pengembangan Produk, UII Press, Yogyakarta.

Jaka Purnama, Abdul Haris H.A, 2016. Perancangan Mesin Secara Ergonomi Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi di UKM Mebel, Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan IV.

Liliana Y.P, SuharyoWidagdo, Ahmad Abtokhi, 2007. Pertimbangan Anthropometri Pada Pendisainan. Jurnal. ISSN 1978-0176.

Moses Laksono Singgih, Mera Kariana, 2008. Perancangan Teknologi Tepat GunaUntuk Mengurangi Dampak Lingkungan dan Meningkatkan Pendapatan Rumah Pemotongan Ayam, Prosiding Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi VIII.

Nurmianto, Eko, 2004. Ergonomi Konsep Dasar Dan Aplikasi, Prima Printing, Surabaya. Indonesia, Jakarta.

Putri Rachmawati,2019. Rancang Bangun Mesin Perajang Singkong yang Memenuhi Aspek Ergonomis untuk Meningkatkan Produktivitas Pekerja, Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material, Vol. 3, No. 2, 2019: 66-72.

Rosnani Ginting, 2010. Perancangan Produk, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta Buku.

Saufik Luthfianto, Siswiyanti, 2008. Pengujian Ergonomi Dalam Perancangan Desain Produk. Prosiding.

Saufik Luthfianto, Zulfah, Fajar Nurwildani, 2017. Perancangan Alat Penggiling Ikan Dengan Pendekatan Ergonomi Untuk Meningkatkan Produktifitas, Jurnal SIMETRIS, Vol 8 No 1 April 2017 : 1-8.

Steven D Eppinger, 2001, Perancangan dan Pengembangan Produk, Salemba Teknika, Jakarta.

Tommy Dwi Putra, Perancangan Alat Pemotong dan Pembersih Usus Ayam Menggunakan Metode Benchmarking, Skripsi, Universtas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

Tarwaka. Solichulha Bakri dan Lilik Sudiajeng. 2004. Ergonomi untuk keselamatan, kesehatan kerja dan produktivitas. Surakarta: UNIBA PRESS.

Wignjosoebroto Sritomo, 2000. Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu, Guna Widya, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v20i2.265

Article Metrics

Abstract view : 449 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 479 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Firman Ardiansyah Ekoanindiyo, Antoni Yohanes, Rieska Ernawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367