PERANCANGAN MESIN PEMOTONG PLASTIK GULUNG SEMI OTOMATIS DENGAN ANTHROPOMETRI

Antoni Yohanes, Firman Ardiansyah Ekoanindyo

Abstract


Saat ini proses pemotongan plastik gulung yang digunkan masih tidak efisien, karena media pemotongannya hanya menggunakan pisau cutter dimana bahan baku diletakan di meja kemudian dipotong menggunakan pisau cutter. Kondisi tersebut mengakibatkan pemotongan bahan baku tidak rata serta dapat membuat tubuh sakit karena saat proses pemotongan harus membungkuk seperti di UKM Star Pack, UKM Plastik Semarang. Hasil pemotongan plastik gulung yang telah dipotong hanya dapat dipakai 80% saja. Hal ini dikarenakan memotong dengan menggunakan pisau cutter potonganya tidak rapi (potongan miring) , yang seharusnya 1 plastik gulung ukuran 60cm bisa dipotong mejadi 10 potongan ini menjadi 8–9 saja dan plastik gulung yang dibuang bisa sampai 10 cm sendiri dikarenakan potongan plastik miring. Perancangan mesin menggunakan pendekatan Anthropometri. Data Anthropometri yang digunakan adalah Tinggi Pinggul, Jangkauan Tangan ke Depan, Diameter Genggaman Tangan dan Lebat Telapak Tangan.  Hasil penelitian berupa perancangan mesin pemotong plastik gulung semi otomatis yang disesuaikan dengan dimensi tubuh pekerja. Saat diuji coba mesin dapat bekerja dengan cukup baik. Mesin ini dirasa membantu dalam pemotongan plastik gulung dibanding dengan memotong menggunakan pisau cutter.

Keywords


Efisien, Anthropometri, desain

References


Jalajuwita, Rovanaya N. dan Paskarini, Indriati.Hubungan Posisi Kerja Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Unit Pengelasan Pt. X Bekasi. Jurnal. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Surabaya. 2015. Vol. 4, No. 1 : 33 – 42.

Mahardika, Tanjung dan Darminto Pujotomo. Perancangan Fasilitas Kerja Untuk Mengurangi keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDS) Dengan Meode Rapid Entire Body Assessment Pada Pekeja Pembuatan Paving dan Bata kepada UKM. 2014.

Usaha Baru. Jurnal. Program Studi Teknik Industri Universtas Diponegoro, Semarang. Vol IX, No 2 : 109 – 117.

Nugroho, Bayu Putut T. Dan Iftadi, Irwan. 2013. Usulan Rancangan Troli Sebagai Alat Bantu Angkut Karung Gabah Dalam Rangka Perbaikan Postur Kerja Di Penggilingan Padi. Jurnal. Teknik Industri Universitas sebelas Maret. 2013. Vol. 12, No.1: 9 -18.

Nurmianto, Eko. Ergonomi: Konsep dasar dan aplikasinya. Surabaya. 2006

Pakpahan, Friska dan Noor, Ridwan A.M. Analisis Ergonomi Pada Praktik Memelihara Roda Dan Ban Menggunakan Metode Reba. Jurnal. Teknik Mesin Universitas Pendidikan Indonesia. 2016. Vol. 3, No. 1 : 60 – 65.

Santoso, Agung, Benedikta Anna. Perancangan Ulang Kursi Antropometri Untuk Memenuhu Standar Pengukran. Jurnal. Teknik Industri Universitas Riau Batam.2014, Profesiesi, 2(2): 81 – 91.

Tarwaka, Bakri, Solichul HA dan Sudiajeng, Lilik. Ergonomi untuk Keselamatan, Kerja dan Produktivitas. Surakarta. Uniba Press. 2004.

Ulfa, Nur dan Nurcahyo, Panuwun J. Sikap Kerja dan Risiko Musculoskeletal Disorders pada Pekerja Laundry. Jurnal. Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Soedirman, Purwokerto. 2014. Vol. 8, No. 7 : 331 – 339.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v20i2.264

Article Metrics

Abstract view : 471 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 396 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Antoni Yohanes, Firman Ardiansyah Ekoanindyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367