ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) AYIA 240 ML MENGGUNAKAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Gamindra Jauhari, Rizki Naziah Lubis

Abstract


Terjadinya persaingan yang semakin ketat pada industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terutama produk lokal, membuat pelanggan lebih selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. PT. Gunung Naga Mas adalah perusahaan milik swasta yang memproduksi AMDK merek AYIA, menjadikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utamanya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauhmana tingkat kepuasan pelanggan terhadap AMDK merek Ayia 240 ml dan mengetahui urutan tingkatan prioritas karakteristik secara teknik untuk meningkatkan kualitas AMDK merek Ayia 240 ml. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan adalah 3,4 (puas), sedangkan urutan tingkatan prioritas karakteristik teknik adalah sanitasi dan cleaning (18,4%), Statistical Process Control (SPC) (18,4%), penyebaran agen secara merata (17,8%), pemilihan bahan baku (15,2%), penelitian dan pengembangan (11,85%),  hygiene (6,14%), Hazard Analysis Critical Crisis Point (HACCP) (6,14%), dan terakhir promosi (5,95%). Diharapkan PT. Gunung Naga Mas melakukan perbaikan dan evaluasi terhadap kualitas produk karena masih adanya kesenjangan (gap) dari penilaian konsumen, meskipun perusahaan telah melakukan perbaikan secara keseluruhan yaitu sebesar 53,8 %. 

 


Keywords


Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), kepuasan pelanggan, Quality Function Deployment (QFD).

References


Amrina. E., Fajrah. N., (2015), Analisis Ketidaksesuaian Produk Air Minum Dalam Kemasan Di PT. Amanah Insanillahia, Universitas Andalas, Padang, Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol.14, No.1.

Dewi, Theresia Evi., (2009) Kuesioner Quality Function Deployment, Universitas Kristen Maranatha Bandung, Bandung.

Ariani, Dorothea. W., (2008), Manajemen Kualitas, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Emmalia, Adriantatri., (2008), Aplikasi Metode Quality Function Deployment (QFD) Dalam Usaha Memenuhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Aqua Gelas 240 Ml Pada PT. Tirta Investama Pandaan, Prosiding Seminar Nasional Teknoin, Bidang Teknik Industri, Malang.

Kurniadi, Deri, Penentuan Kemasan Yang Representatif Pada Keripik Kentang Home Industri “INYIAK” Dengan Metode Quality Function Deployment, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang, Padang, 2015.

Nasution, M, N., (2005), Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Ghalia Indonesia, Jakarta.

Risenasari, Hepi., (2009), Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Restoran Pringjajar Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Sitinjak, Tony., (2004), Model Matriks Konsumen Untuk Menciptakan Superior Customer Value, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kualitatif, kuantitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung, 2013

Suwana, Rey Ketut, Dkk, Penerapan Quality Function Deployment (Qfd) Untuk Memenuhi Kepuasan Pelanggan Cv.Tirta Tamanbali – Bangli, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Denpasar, 2014.

Tjiptono, Dkk, Service, Quality, & Satisfaction, ANDY, Yogyakarta, 2011.

Tutuhatunewa, Alfredo., (2010), Aplikasi Metode Quaity Fuction Deployment Dalam Pengembangan Produk Air Minum Kemasan, Universitas Patimura, Ambon, 2010. Arika. Vol. 4, No. 1.

Widodo, Gangsar., Riandadari, Dyah., (2017), Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Dealer Motor Honda Kediri Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD), Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, JPTM. Vol. 06, No. 11.

Wijaya, Tony., (2011), Manajemen Kualitas Jasa, PT. Indeks, Yogyakarta.

Yuliarmi, Ni Nyoman., Riyasa, Putu., (2007), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pdam Kota Denpasar, Universitas Udayana, Denpasar, Buletin Studi Ekonomi, Vol. 12, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/stsp.v20i1.227

Article Metrics

Abstract view : 768 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 330 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gamindra Jauhari, Rizki Naziah Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penerbit : Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang


Alamat:
Jalan Hamka no.121 Tabing Padang. Indonesia
email: info@sttind.ac.id
HP:082386758367