APLIKASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK PENGOLAHAN BOTOL PLASTIK DI NAGARI PARAMBAHAN

Nizwardi Jalinus, Rian Surenda, Rodesri Mulyadi

Abstract


Salah satu cara dalam pengolahan sampah plastik yaitu dengan melakukan daur ulang. Sampah plastik yang berupa botol bekas minuman masih mempunyai nilai ekonomi jika dilakukan proses daur ulang. BumNag Salhona di Nagari Parambahan bergerak pada bidang pengolahan sampah pkastik namun masih sebagai pengumpul dan sampah plastik yang ada belum dilakukan proses pencacahan. Maka dari itu Tim Pengabdian Masyarakat Univesitas Negeri Padang dengan pengaplikasian teknologi tepat guna merancang dan membangun mesin pencacah plastik untuk BumNag Salhona. Tujuan dari pengabdian ini adalah agar BumNag dapat menyerap lapangan kerja, proses daur ulang sampah plastik dapat lebih efisien dan juga sebagai bentuk upaya untuk menumbuhkan kembali ekonomi masyarakat kembali pasca musibah COVID-19. Mesin pencacah dirancang dengan mengunakan sistem gunting untuk mencacah. Terdiri dari 8 mata pisau dinasmis pada poros mesin dan 2 mata pisau statis di sisi dalam yang dapat diatur kerapatannya. Mesin ini mempunyai demensi panjang 2200 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1050 mm. Mesin diesel 33 Hp digunakan sebagai penggerak. Mesin dengan kapasitas 60 kg/jam ini menggunakan media air sebagai pendingin dan pembilas, air di pompakan keruang pencacah dengan menggunakan pompa submersible.

Keywords


plastik, BumNag Salhona, mesin pencacah

Full Text:

PDF

References


A. E. Latief, N. D. Anggraeni and A. Sulaeman, "Perancangan Poros dan Mata Pisau Mesin Pencacah Plastik," in Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin ke-15, Bandung, 2016

N. D. Anggraeni and A. E. Latief, "Modifikasi Mata Pisau Mesin Pencacah Plastik Tipe Polyethylene," in Seminar Nasional Rekayasa dan Aplikasi Teknik Mesin di Industri, Bandung,2017.

Rajagukguk, Jenniria., 2013. Analisis Perancangan Mesin Penghancur Plastik. Jurnal Dinamis,Volume II, No.12, Januari, Departemen Teknik Mesin. Universitas Sumantera Utara, Medan,ISSN 0216-7492.

Ichlas Nur., Nofriadi., Rusmardi., 2014.Pengembangan Mesin Pencacah Sampah/Limbah Plastik Dengan Sistem Chrusher dan Silinder Pemotong Tipe Reel. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi 12 November, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Mohamad Yamin., Dita Satyadarma., Pulungan Naipospo., 2008. Perancangan Mesin Pencacah Sampah Type Crusher. Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008) Auditorium Universitas Gunadarma, Depok, 20-21 Agustus 2008, ISSN : 1411-6286.

Harsokoesoemo, Pengantar Perancangan Teknik (Perancangan Produk), Bandung: Institut Teknologi Bandung, 2004.

R. G. Budynas, Shigley's mechanical engineering design 9th edition, New York: McGraw-Hill, 2008.

Sonawan, Hery. 2014. “Dasar Perancangan Elemen Mesin”. Jakarta :PT Graha Ilmu.

L. Habib Almukti & Aladin Eko Purkuncoro,ST.MT. 2018. “Perancangan Konstruksi Mesin Pencacah Limbah Plastik”. Jurnal Mahasiswa Teknik Mesin ITN Malang Vol. 01, No. 01, Tahun 2018, hal. 54-58.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/jaerasi.v2i2.343

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL AERASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.