STABILITAS KAPAL JUKUNG DENGAN JENIS LAMBUNG PELAT DATAR

Aulia zulkarnaen Nasty, Syahril Syahril, Rahmat Aziz Nabawi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan desain kapal Jukung dengan lambung kapal pelat datar yang memiliki stabilitas yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis numerik menggunakan software maxsurf-stability. Data yang akan diambil adalah data ukuran kapal pembanding dan data hasil analisis yang sesuai dengan standar criteria IMO. Hasil penelitian yang diperoleh berupa grafik dan tabel yang menunjukan nilai kriteria dan kondisi dari kapal tersebut. Kapal dengan criteria stabilitas terbaik berdasarkan nilai GZ terbesar dimiliki oleh kapal model III dengan bentuk midship  model Akatsuki. Sedangkan kapal yang memiliki kriteria  stabilitas ideal ditunjukan oleh kapal Model 1. Hal ini didasarkan pada luasan area dibawah kurva yang paling tinggi diantara ketiga kapal tersebut dan juga pada nilai GZ kapal yang positif.


Keywords


Kapal Pelat Datar, Lambung kapal, Stabilitas.

Full Text:

PDF

References


Wolok E., Baruadi A.S.R.,Fachrussyah Z.C., Junus S. Perahu Tradisional Katinting. Gorontalo: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Gorontalo. 2016: hal.2 - 8

Syahril dan Nabawi, R. A. Internatonal Journal of GEOMATE. Numerical Investigation of The Effect on Four Bow Design Flat Hull Ship. 2019; Vol.(17): Issue 62, pp. 231 - 236.

Kumbara, A.I. “Perancangan kapal Cumi Pelat Datar Menggunakan Moveable Cadik”. Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Skripsi.

Internatonal Maritime Organization. A. 749(18). Code on Intact Stability for All Type of Ships Covered by IMO Instrument. London. IMO ; 1993.

Rouf, A. R. “Bentuk Kasko dan Pengaruhnya Terhadap Tahanan Kasko Kapal Ikan”. Bogor: Fakultas Perikanan Dan Ilmi Kelautan Institut Pertanian Bogor; 2004. Skripsi.

Farhum, S. A.Jurnal ilmu dan kelautan tropis. Kajian Stabilitas Empat Tipe Kasko Kapal Poll and Line. 2010; Vol.(2): hal. 52-61.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/jaerasi.v1i2.214

Article Metrics

Abstract view : 617 times
PDF - 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL AERASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.