RANCANGAN PERAHU PELAT DATAR UNTUK KELOMPOK NELAYAN MUARO TANJUANG DANAU MANINJAU

Andril Arafat, Rahmat Azis Nabawi, Rodesri Mulyadi, Ahmad Sabirin, Joko Suprianto, Sigit Dwi Lesmana, Salmat Salmat

Abstract


Danau Maninjau merupakan salah satu danau yang terletak di Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat. Danau ini mempunyai banyak potensi bagi masyarakat sekeliling danau dalam usaha kecil menengah. Salah satu aktifitas usahanya adalah nelayan Keramba Jaring Apung (KJA). Perahu adalah salah satu peralatan penting dalam transportasi nelayan baik itu untuk mencari ikan ataupun sarana transportasi dari pinggir danau ke penangkaran ikan di KJA  perancangan perahu pelat datar (PPD) metode penelitian yang  dilakukan dengan menelaah permasalahan material dan pembuatan perahu tradisonal. Proses Perancangan  PPD.Kegiatan pembuatan perahu pelat datar diawali dengan perancangan PPD. Proses perancangan dilaksanakan di Laboratorium Material Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Dalam proses perancangan PPD ini melalui beberapa tahapan diantaranya : Perancangan desain kapal, Penentuan tahanan perahu. Proses Pemotongan Pola pada Pelat.Dari desain yang telah di rancang terdapat 8 bagian pemotongan pola gambar, Proses Penyambungan Bagian Pelat, Proses Finishing. Desain alat disesuaikan dengan ukuran dimensi pada kapal tradisional. Pembuatan gambar detail perahu menggunakan Solidworks 2019, dan analisis numerik menggunakan software maxsurf. Pembuatan perahu pelat datar dengan bahan pelat besi sangat berpotensi sebagai alternative pembuatan perahu di sekitaran danau Maninjau. Penggunaan bahan perahu yang tanpa proses pembengkokan sangat efektif dan mudah dalam pengerjaan.

 


Keywords


perahu pelat datar, keramba jaring apung, danau Maninjau, pengelasan

Full Text:

PDF

References


I. Ardi, “Budidaya Ikan Sistem Keramba Jaring Apung Guna Menjaga Keberlanjutan Lingkungan Perairan Waduk Citara,” Media Akuakultur, vol. 8, no. 1, pp. 23-29, 2013.

N. Afriansyah, B. A. A dan G. Rindo, “Studi Analisa Perkembangan performance Kapal Perintis 750 DWT dengan Variasi Menggunakan Pelat Datar,” JURNAL TEKNIK PERKAPALAN, vol. 6, no. 1, pp. 160-167, 2018.

T. W. Astiti, “REVITALISASI ARMADA PELAYARAN RAKYAT DENGAN MENGGUNAKAN KAPAL BAJA LAMBUNG PELAT DATAR,” Undergraduate Thesis, 2015.

H. T. Wibowo dan M. A. Talahatu, “Pengembangan Desain Lambung Pelat Datar,” In Seminar Nasional Tahunan Teknik mesin ke-9 on universitas Sriwijaya, pp. 135-137, 2010.

Syahril dan R. A. Nabawi, “NUMERICAL INVESTIGATION OF THE EFFECT ON FOUR BOW DESIGNS FLAT HULL SHIP,” Internasional Journal of GEOMATE, vol. 17, no. 62, pp. 231-236, 2019.

E. Tamba, “Rancang Bangun dan Sistem Elektronik Mesin Otomatis Serta Penerapan Pada Kapal Pelat Datar,” Universitas Indonesia, 2013.

A. S. Harvald, Tahanan dan Propulsi kapal, Airlangga University Press, 1992.

M. M. Y, I. Isyitar dan E. Dolorosa, “Analisis Finensial Budidaya Ikan dalam Keramba Jaring Apung di Sungai Melawi Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi,” Jurnal Social Economic of Agriculture, vol. 4, no. 1, pp. 37-45, 2015.

K. Ondara, G. A. Rahmawan, U. J. Wisha dan N. N. H. Ridwan, “Hidrodinamika dan Kualitas perairan Untuk Kesesuaian Pembangunan Keramba Jaring Apung (KJA) Offshore di Perairan Keneukai, Nangroe Aceh Darrusalam,” Jurnal Keautan Nasional, vol. 12, no. 2, pp. 45-57, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/jaerasi.v1i2.158

Article Metrics

Abstract view : 227 times
PDF - 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL AERASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.