STUDI PENYEBARAN KONTAMINAN Pb DAN Fe DARI LINDI PADA AIR TANAH DANGKAL (STUDI KASUS TPA SAMPAH REGIONAL PAYAKUMBUH)

Besnaya Zalenzi

Abstract


Permasalahan pencemaran lindi dalam air tanah dan air permukaan disebabkan oleh metode pengelolaan TPA yang belum memadai. Umumnya, migrasi lindi dari TPA berpotensi mencemari air tanah karena lindi akan merembes dalam tanah kemudian menyebar mengikuti aliran air tanah. TPA Sampah Regional Payakumbuh terletak bersebelahan dengan sawah penduduk dengan jarak 10 m, dan terdapat perumahan penduduk pada radius 300 m dari TPA yang menjadikan air sumur dangkal sebagai sumber air utama dan perlu dilakukan permodelan menggunakan model Domenico and Scwartz, dengan parameter yang akan di analisa adalah Pb dan Fe untuk mengetahui sejauh mana penyebaran Pb dan Fe pada air tanah, dan juga menggunakan aplikasi MatLab untuk mengetahui simulasi permodelan satu dan dua dimensi penyebaran kontaminan yang digunakan untuk mengetahui penyebaran kontaminan Pb dan Fe pada air tanah berdasarkan waktu tertentu umur pakai TPA. Dari hasil pengukuran lindi TPA melebihi baku mutu PERMEN LH No.5 Tahun 2014 Fe 5 mg/L, dan Pb 0,1 mg/L. Pengambilan sampel dilakukan di pipa inlet dan pipa outlet kolam lindi TPA. Hasil pengukuran parameter pada pipa inlet menunjukan konsentrasi yang tinggi yaitu Pb 0,971 mg/L dan Fe 5,122 mg/L. Hasil Simulasi pada umur pakai TPA saat ini(7tahun), Pb telah menyebar ±50 m dan Fe telah menyebar  ±20 m dan pada saat umur pakai TPA mencapai 20 tahun, Pb telah menyebar ±70 m dan Fe ±25 m dari TPA mengikuti aliran air tanah. Dari hasil simulasi diketahui bahwa semakin panjang umut TPA semakin jauh kontaminan menyebar di air tanah dangkal


Keywords


TPA, lindi, timbal, besi, model Domenico and Schwart, MatLab

Full Text:

PDF

References


Y. Arbi, R. leonardo Siregar, and Tri Padmi Damanhuri, “KAJIAN PENCEMARAN AIR TANAH OLEH LINDI DI SEKITAR AIR DINGIN KOTA PADANG,” Sains dan Teknol. J. Keilmuan dan Apl. Teknol. Ind., vol. 18, no. 1, pp. 46–52, 2018.

Y. Arbi and E. R. Aidha, “SIMULATION OF MERCURY TRANSPORT FROM GOLD MINING ACTIVITIES IN PELAWAN RIVER , SAROLANGUN,” in 4th International Conference on Technical and Vocation Education and Training, 2017, vol. 4, pp. 567–571.

Aljaradin, M. Persson, K.M. (2012) : Environmental Impact of Municipal Solid Waste Landfills in Semi-Arid Climates-Case Studies-Jordan. The Open Waste Management Journal P: 28-39. Bentham Science. Allison,

J. D., dan T. L. Allison. (2005) : Partition Coefficients For Metals In Surface Water, Soil, and Waste. US EPA.

Bedient, Philip B., Rifai, Hanadi S., Newell, Charles J. (1999) : Ground Water Contamination: Transport And Remediation : 2nd Edition. Prentice Hall PTR: Upper Saddle River, USA.

Benedini, M. (2011) : Water Quality Models for Rivers and Streams. State of the Art and Future Perspectives. Europian Water 34 : 27-40.

DeVaull, G.E,. Ettinger, R.A., Salanitro, J.P., Gustafson, J.B., (1997) : Benzene toluene, ethylbenzene, and xylenes degradation in vadose zone soils during vapor transport: firstorder rate constans. November 1214 pp. 365-379.

Damanhuri, Enri. (2008) : Diktat Landfiling Limbah, Institut Teknologi Bandung. Domenico, P. A., and F. W. Schwartz. (1990) : Physical and Chemical Hydrogeology, John Wiley & Sons, Inc, New York.

Kassenga G. R. & Mbuligwe S. E. (2009) : Impacts of a Solid Waste Disposal Site on Soil, Surface Water, and Groundwater Quality in Dar es Salaam City, Tanzania. Journal of Sustainable Development in Africa Vol. 10 : 73-94.

Kachiashvili, K., Gordeziani, G., Lazarov, R. & Melikdzhanian, D. (2009) : Modeling and Simulation of Pollutants Transport in Rivers. Applied Mathematical Modelling 31: 11371-1396.

Pidriansy, Qadriana. (2013) : Kajian Pencemaran Air Tanah Dangkal dan Analisis Resiko Kesehatan Manusia Akibat Lindi dari Landfill. Tesis. TL-ITB Bandung Pinder,




DOI: http://dx.doi.org/10.36275/jaerasi.v1i1.136

Article Metrics

Abstract view : 461 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL AERASI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.