PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN METODE CAMPBELL DUDEK SMITH (CDS) UNTUK MEMINIMUMKAN TOTAL WAKTU PRODUKSI (MAKESPAN)

Riko Ervil, Dela Nurmayuni

Abstract


Dalam proses produksinya beberapa operasi kerja memerlukan waktu proses yang sangat lama yang mengakibatkan besarnya waktu proses produksi perusahaan. Dampaknya ketika penjadwalan yang dilakukan kurang sesuai maka besarnya makespan dalam sistem produksi tersebut akan meningkat. Metode yang digunakan yaitu metode CDS (Campbell Dudek Smith), metode ini ditemukan oleh Campbell, Dudek, dan Smith yang merupakan pengembangan dari aturan Jhonson, untuk mendapatkan urutan pekerjaan metode CDS ini dapat menghasilkan k iterasi (alternatif urutan job) k = m-1 bertujuan untuk menghasilkan waktu produksi yang minimal. Hasil dan kesimpulan dengan menggunakan metode CDS diperoleh nilai makespan minimum dan penjadwalan yang optimal yang terdapat pada iterasi ketiga dengan nilai makespan sebesar 54 hari dan tidak ada pesanan yang terlambat.

 


Keywords


Penjadwalan, CDS, Makespan

References


Christianta, Yudit dan Theresia Sunarni. Jurnal ISBN 979-26-0255-0. Usulan Penjadwalan Produksi Dengan Metode Campbell Dudek And Smith (Studi Kasus Pada PT. PAN Panel Palembang). Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Musi. Palembang. 2012.

Hamman, Muhammad Khasanul. Skripsi. Penjadwalan Produksi Flow Shop Untuk Meminimalkan Makespan Dengan Metode Campbell, Dudek, And Smith (CDS), Metode Palmer, Metode Dannenbring, Dan Metode Ignall-Scharge (Studi Kasus Di CV. Bonjor Jaya, Klaten). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta. 2015.

Herlina. Skripsi. Penjadwalan Produksi Dengan Metode N-Job M-Mesin Untuk Meminimalisasi Makespan Pada PT. Harapan Widyatama Pertiwi Untuk Pembuatan Pipa PVC. Fakultas Teknik. UBN. 2006.

Kurnia, R. Yasra, V. M. Afma. Jurnal ISSN Cetak: 2301-7244. Penjadwalan Produksi Dengan Menggunakan Metode Campbell, Dudek & Smith Pada Mesin Laser Marking Jenis Evertech Untuk Meminimalisasi Makespan. Univ. Riau Kepulauan Batam. Kepulauan Riau. 2013.

Nasution, Arman Hakim. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Guna Widya. Surabaya. 2003.

Ervil, R. (2016). Perbandingan Nilai Overall Equipment Effectiveness (Oee) Mesin Packer Lama Dan Mesin Packer Baru Pada Packing Plant Indarung (Ppi) Pt. Semen Padang. Saint Dan Teknologi STTIND Padang, 16(2).

Ervil, R., & Nurmayuni, D. (2018). Penjadwalan Produksi Dengan Metode Campbell Dudek Smith (Cds) Untuk Meminimumkan Total Waktu Produksi (Makespan). Saint Dan Teknologi STTIND Padang, 18(1), 13–17.

Tannady, Hendy dan Steven, Andrew Verrayo Limas. Jurnal Teknik Industri. Vol X. No. 1. Januari 2015. Solusi Urutan Pengerjaan Job Yang Tepat Dengan Metode Campbell-Dudek-Smith (CDS).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.